Sosial

Warga Meurandeh Kibarkan Merah Putih Raksasa, Terbesar di Aceh

Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Puncak Gunung Sabil Dalam Rangka HUT RI ke-72

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Ratusan warga Desa Meurandeh, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengibarkan bendera merah putih raksasa ukuran 10×25 meter di puncak Gunung Sabil wilayah gampong setempat, Aleuhat (13/8/2017) sekitar pukul 15.00 wib.

Pengibaran bendera raksasa tersebut sebagai bentuk persembahan kecil anak negeri dari kalangan pemuda dan pemudi Gampong Meurandeh dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2017 mendatang.

Prosesi pengibaran bendera tersebut diiringi lagu Indonesia Raya yang diikuti sejumlah unsur Muspika Lembah Sabil dan tokoh masyarakat setempat.

Pengibaran merah putih raksasa ini merupakan kali pertamanya dirintis oleh para anak muda dan tokoh masyarakat gampong setempat.

Koordiator Pelaksana Redi Misdar mengatakan, bendera raksasa persembahan untuk negeri dari warga Gampong Meurandeh ini, merupakan yang pertama dan bisa dikatakan terbesar di Aceh dalam tahun ini.

“Insya Allah, tahun depan akan kita wacanakan pengibaran bendera dengan ukuran 50×100 yang juga akan kita bentangkan di puncak Gunung Sabil,” ungkapnya.

Untuk menuju puncak gunung sabil dengan ketinggian 800 meter dari permukaan laut, lanjut Redi, pihaknya harus berjalan kaki selama satu jam lebih atau lebih kurang dengan jarak empat kilometer.

“Tiang yang kita gunakan untuk mengibarkan bendera itu dari pohon pinang sepanjang 15 meter. Proses pengibaran langsung dipimpin Danposramil Lembah Sabil, Pelda Bakhtiar didampingi Kapospol Lembah Sabil, Aipda Taufik Roco,” sebutnya.

Tambah Redi, kegiatan ini murni dari swadaya masyarakat Desa Meurandeh sebagai bentuk cinta tanah air dalam rangka menyambut HUT RI Ke 72. Disamping itu, pihaknya juga menjaga kelestarian alam dengan menjaga ekosistem yang ada di pergunungan tersebut.

Warga Meurandeh Abdya Kibarkan Merah Putih Raksasa di Puncak Gunung Sabil, Aleuhat 13 Agustus 2017. [Foto : Rizal}

“Mengapa kita mengambil tempat puncak gunung sabil, karena mempunyai nilai sejarah tersendiri. Sebab nama gunung sabil diambil dari nama pejuang di daerah ini yang bernama Tgk Sabil,” sambungnya.

Sambutan baik disampaikan Kapospol Lembah Sabil Taufik Rico, dengan semangat yang tinggi para kalangan pemuda di Gampong Meurandeh, sehingga bendera raksasa dapat berkibar di puncak gunung sabil atau di bumi Pahlawan Tengku Peukan.

“Terimakasih kepada warga Gampong Meurandeh yang telah memberikan persembahan untuk negeri. Kita berharap momentum seperti ini akan terus berlanjut dan menjadi bukti bahwa nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air masih melekat dalam diri pemuda penerus generasi bangsa,” singkatnya. (Rizal)

Comments
To Top