Ekonomi

Tanam Padi Perdana, Pemkab Abdya Undang Gatot Irianto

Bupati Abdya Akmal Ibrahim

ACEHTERKINI.COM | Direktur Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian RI, Dr Ir Sumarjo Gatot Irianto MS DAA, dijadwalkan turun ke Aceh Barat Daya (Abdya) pada Sabtu (2/12/2017) besok.

Kedatangan Dirjen Tanaman Pangan itu untuk melakukan tanam perdana padi musim tanam Rendengan Tahun 2017/2018 yang berlokasi di hamparan sawah Desa Drien Jalo, Kecamatan Tangan-Tangan, kabupaten setempat.

Rencananya, Dirjen Tanaman Pangan itu akan tiba di Abdya bersama Direktur Serealia, Ali Jamil Harahap. “Insya Allah, besok pukul 08.00 wib, Gatot sudah mendarat di Bandara Kuala Batu, Kabupaten Abdya,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Abdya, Ir Muslim, Jumat (1/12/2017).

Untuk hamparan di wilayah tersebut berkisar antara 300-500 hektar yang bernaung di tiga desa dalam Kecamatan Tangan-Tangan, yaitu Desa Drien Jaloe, Desa Padang Kawa dan Desa Bineh Krueng.

“Kita harapkan tanam perdana nanti sukses terlaksana, semoga Abdya mendapat hasil panen yang sangat memuaskan,” kata Muslim.

Tambah Muslim, dalam acara seremoni tanam perdana bertempat di Lapangan Bola Kaki, Desa Drien Jalo itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Hasanuddin Darjo juga akan tiba untuk mengambil bagian dalam rangka menyukseskan tanam serentak di kabupaten yang berjulukan breuh pade sigupai itu.

“Berawal dari Kecamatan Tangan-Tangan, para petani lainnya di Abdya akan segera menyusul untuk melakukan proses tanam. Apalagi saat ini proses penggarapan lahan sudah mencapai 80 persen lebih,” tuturnya singkat.

Sebelumnya, Bupati Abdya, Akmal Ibrahim dalam sambutanya pada acara Tanam Perdana Penangkaran Benih Padi Unggul di Desa Tangan-Tangan Cut, Kecamatan Setia, Kamis (30/11/2017) kemarin, mengajak sejumlah petani untuk beramai-ramai menghadiri proses tanam perdana MT Rendengan di Desa Drien Jalo tersebut.

Ajakan tersebut, menandakan bahwa petani di Abdya benar-benar serius dalam menggalakkan program tanam serentak. Sehingga kedepan, Abdya akan menjadi lumbung pangan nasional.

“Mari kita tunjukkan, bahwa petani di Abdya merupakan promotor penggerak untuk keberhasilan swasembada pangan di Indonesia,” kata Akmal didepan sejumlah kelompok tani dalam Kabupaten Abdya. (Rizal)

Comments
To Top