Ekonomi

Kementan RI Janji Bantu Abdya jika Ada Lahan 20 Ribu Hektar

Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI, Gatot Irianto bersama Bupati Abdya Akmal Ibrahim dan Wabup Muslizar MT mengangkat tangan setelah melakukan tanam perdana dengan mesin di lahan milik kolompok tani Desa Bineh Krueng, Kecamatan Tangan-Tangan, Sabtu (2/12/2017).

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Direktur Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia ( Kementan RI), Dr Ir Sumarjo Gatot Irianto berjanji akan membantu pertanian di Kabupaten Aceh Barat Daya jika bupati setempat bisa menyediakan lahan seluas 20 ribu hektar.

Hal tersebut disampaikan Gatot Irianto saat menghadiri kegiatan tanam perdana untuk Masa Tanam Rendengan Tahun 2017/2018, di Desa Bineh Krueng, Kecamatan Tangan – Tangan, Kabupaten Abdya, Sabtu (02/12/2017).

Dirjen Gatot Irianto meminta Bupati Abdya agar serius mengelola sektor pertanian. “Terkait masalah pertanian, kami akan berupaya untuk membantu, tapi bupati harus bisa menyediakan lahan seluas 20 ribu hektar,” kata Gatot Irianto.

Kementerian Pertanian RI, kata Gatot sudah membantu traktor 4WD dan bibit unggul agar hasil produksi padi di Abdya terus meningkat.

“Bupati harus bisa menyediakan lahan untuk pertanian, buktikan kalau Abdya mampu. Semua bantuan akan dibuka untuk Abdya termasuk kami juga akan membantu mesin pengering multi fungsi dan mewacanakan pembangunan kilang padi moderen,” kata Gatot Irianto.

Menanggapi permintaan dari Kementerian Pertanian itu. Bupati Abdya, Akmal Ibrahim meminta petani agar sungguh-sungguh mengelola sektor pertanian.

Sebelumnya, Kadis Pertanian dan Pangan Abdya, Ir. Muslim melaporkan, luas lahan di Abdya sebesar 11.178 hektar. Setiap tahun, dua kali tanam dan panen, dengan capaian hasil sangat memuaskan dari 6 ton bisa mencapai 7 ton gabah kering panen per hektar.

Dalam mendukung tanam serentak ini, Kabupaten Abdya memiliki 44 unit traktor 4WD dan 600 lebih handtraktor agar proses penggarapan lahan lebih maksimal juga termasuk bantuan dari provinsi.

Hadir di acara tanam perdana untuk Masa Tanam Rendengan Tahun 2017/2018 itu Dirjen Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI), Dr. Ir. Sumarjo Gatot Irianto, Bupati Abdya Akmal Ibrahim, Wakil Bupati Muslizar MT, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Hasanuddin Darjo, serta Direktur Serealia (biji-bijian) Ali Jamil Harahap bersama sejumlah unsur Forkompimkab, kelompok tani dan tokoh masyarakat setempat. [Rizal]

Comments
To Top