Pariwisata

Januari – Oktober 2017, Wisatawan ke Aceh Anjlok

Gambar Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Kedatangan wisatawan ke Aceh pada Januari – Oktober 2017 kembali anjlok. Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh mencatat secara kumulatif pencapaian jumlah Wisatawan Mancanegara (Wisman) menurun sebesar 26,71 persen terhadap periode yang sama pada tahun 2016.

Kepala BPS Aceh, Wahyuddin, dalam berita resmi statistik yang diterbitkan Senin, 4 Desember 2017 menyampaikan jumlah kedatangan Wisman ke Aceh pada periode Januari – Oktober 2017 sebanyak 25.556 orang.

Sedangkan pada periode yang sama di tahun 2016, kedatangan Wisman ke Aceh tercatat 34.869 orang.
Dari 10 negara pasar utama yang dicatat, Malaysia masih mendominasi jumlah wisatawan yang datang ke Provinsi Aceh.

Kedatangan Wisman ke Aceh periode Januari – Oktober 2017. Sumber : BPS Aceh

Selain turis Malaysia yang diandalkan, wisatawan asal Australia tercatat paling banyak ke Aceh Pada periode Januari – Oktober 2017. Kemudian disusul wisatawan asal Tiongkok, Filipina, dan Jerman.

Menanggapi anjloknya kedatangan Wisman ke Aceh pada periode Januari – Oktober 2017, Ketua Asosiasi Travel Agent Perjalanan Wisata (ASITA) Aceh, Anwar Fuadi kepada acehterkini mengatakan, wisatawan Malaysia ke Aceh itu bertambah.

“Orang Malaysia suka datang ke Aceh karena Aceh ini syariat, tapi kalau wisatawan dari negara lain misalnya China itu tidak berani ke Aceh,” kata Anwar Fuadi, Senin (04/12/2017).

Menurut Anwar Fuadi, orang China atau negara-negara lain takut ke Aceh karena seakan-akan ke Aceh harus pakai jilbab. “Selain orang Malaysia, wisatawan lain takut ke Aceh, padahal di Aceh orang nonmuslim tidak di paksakan pakai jilbab, Ini yang menyebabkan kedatangan wisatawan dari China dan negara lain berkurang,” kata Anwar Fuadi singkat. [Edi]

Comments
To Top