Pariwisata

Sering Didatangi Turis, Pulau Keuh Patek Cocok Surfing dan Snorkeling

Pulau Keuh Patek, Kabupaten Aceh Jaya

Foto | Arif

ACEHTERKINI.COM | Pulau Keuh Patek Aceh Jaya menjadi spot surfing dan snorkeling yang diminati wisatawan selain Sabang, Lhoknga, Pulau Banyak, dan Pulau Simeulue di Aceh.

Di Pulau Keuh Patek ini tidak ada karang tajam yang bisa melukai pengunjung, jaraknya hanya 10 menit dari Gampong Patek menuju Pulau Keuh. Pantainya berbentuk landai dan melekuk. Ombak di pantai ini pada musim timur besar dan panjang.

Fauzi (27), warga Patek mengatakan, setiap tahun pada musim timur banyak wisatawan datang berselancar atau surfing di Pulau Keuh. Musim timur biasanya akhir Bulan November sampai Bulan Mei.

“Mereka menyewa boat menuju ke Pulau Keuh dengan membawa alat berselancar dan alat menyelam,” kata Fauzi kepada acehterkini, Sabtu (18/11/2017).

Menurut Fauzi turis dari Perancis, Australia, Kanada sering datang melakukan surfing. Kadang ada juga turis dari Jepang dan Malaysia. “Mereka dibawa oleh salah seorang pemandu hingga ke Pulau Keuh,” kata Fauzi.

Selain surfing, Pulau Keuh Patek juga cocok Snorkeling untuk pemula. Kata Fauzi, ada akuarium ikan hias di dasar laut Pulau Keuh.

“Sangat banyak ikan hias yang bersembunyi di terumbu karang, kalau menyelam seperti berada dalam akuarium ikan hias,” kata Fauzi.

Menuju ke Pulau Keuh, kata Taufiq, teman Fauzi cukup membayar sewa boat sebesar Rp100.000 per orang untuk wisatawan mancanegara, dan Rp50.000 untuk warga lokal.

Sayangnya, belum ada pengembangan fasilitas yang memadai di pulau tersebut. Warga Patek berharap Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dapat menyiapkan sarana dan prasarana di Pulau Keuh Patek sehingga potensi wisata bahari menjadi sering dan betah dikunjungi wisatawan. [Arif]

Comments
To Top