Lingkungan

Seekor Gajah Betina Mati di Lhok Geulumpang, Aceh Jaya

Tim BKSDA Aceh, Danramil Lageun, Kapolsek Setia Bakti bersama anggotanya Menemukan Gajah Betina Mati di Dusun Alue Aji, Desa Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Kamis 2 November 2017, pukul 18.00 wib.

Foto | Arif

ACEHTERKINI.COM | Seekor gajah betina ditemukan mati di kebun karet warga Dusun Alue Aji, Gampong Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Kamis (02/11/2017).

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSD) Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, gajah tersebut ditemukan dalam kondisi bangkai sudah sangat rusak. Tidak ditemukan sisa kotoran yang bisa dianalisa.

Gajah betina itu diperkirakan usia 10 tahun. “Kematiannya juga diperkirakan 3 atau 4 minggu sebelum ditemukan. Petugas menemukan caling atau taring gajah betina sebanyak satu unit yang berdiameter 29 centimeter, diameter pangkal 3,5 centimeter, dan diameter ujung 2 centimeter,” sebut Sapto Aji Prabowo, Jumat (3/11/2017).

Pemeriksaan gajah yang mati ini dilakukan oleh Tim BKSDA, Danramil 03 Lageun, Kapolsek Setia Bakti, dan anggota CRU Sampoiniet. “Tidak ditemukan sisa racun, atau pupuk di sekitar lokasi kejadian, kemungkinan besar kematian gajah betina ini karena sebab tidak wajar,” kata Sapto.

Sementara itu Danramil 03 Lageun, Kapten Inf Samsuddin mengatakan, penemuan gajah mati itu berawal dari informasi masyarakat.

“Warga tidak mau memberitahukan dimana lokasinya, sehingga kami bersama dengan anggota Polsek Setia Bakti melakukan penelusuran, kemudian sekitar pukul 18.00 wib, Kamis (2/11/2017) gajah tersebut ditemukan sudah menjadi bangkai,” ujar Samsudin. [Arif]

Comments
To Top