Sosial

Perusahaan Energi Panas Bumi Terbitkan Buku Hubungan Turki dengan Aceh

Gambar Ilustrasi - internet

ACEHTERKINI.COM | Perusahaan Hitay Energy Holding yang bergerak di bidang energi panas bumi akan menerbikan buku kompilasi sejarah antara Kesultanan Aceh dengan Turki Utsmani di abad ke 16 hingga abad ke 19.

Buku tersebut disusun dari puluhan naskah otentik yang menggambarkan detail hubungan diplomatik antara Aceh dengan Turki. Keaslian naskah-naskah dalam isi buku itu diambil dari arsip eksklusif Utsmani di Turki.

Hitay Energy Holding menggagas buku ini sejak 2014 dan dihimpun melalui pelacakan yang mendalam atas dokumen otentik yang dipimpin oleh para cendekiawan sejarah Turki, seperti Prof. Ismail Hakki Goksoy, Mehmet Akif Terzi, Agmet Ergun dan Mehmet Alacagoz.

Rencana penerbitan buku sejarah antara Aceh dengan Turki ini disampaikan melalui Humas Pemerintah Aceh dalam keterangan yang diterima acehterkini, Jumat (17/11/2017).

Penerbitan buku sejarah Aceh dengan Turki ini mendapat apresiasi yang positif dari Pemerintah Aceh. Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh Mulyadi Nurdin, menyambut baik diterbitkannya buku tersebut karena dapat menggambarkan kedekatan hubungan sejarah antara Aceh dan Turki.

“Ini merupakan karya fenonenal tentang hubungan persaudaraan dan politik antara Aceh dan Turki,” ujar Mulyadi Nurdin.

Isi buku tersebut memuat kajian politik, agama dan juga perdagangan antara Kesultanan Aceh dan Turki Utsmani dan dilengkapi dengan puluhan koleksi gambar dan naskah-naskah tua yang belum pernah diterbitkan.

Buku berjudul Turki Utsmani – Indonesia itu diterbitkan dalam tiga bahasa yaitu Turki, Indonesia dan bahasa Inggris.

Untuk diketahui perusahaan asal Turki ini sudah melakukan MoU dengan Pemerintah Aceh untuk membangun pembangkit listrik tenaga panas bumi di Aceh.

Baca Berita Terkait: Pemerintah Aceh Kerjasama Proyek Geothermal dengan Turki

Kemudian masa Gubernur Aceh Zaini Abdullah, PT. Hitay juga pernah meminta Pemerintah Aceh untuk mengeluarkan izin melakukan eksplorasi potensi panas bumi di Kabupaten Gayo Lues pada 2015.

Rencana pengembangan panas bumi di Gayo Lues terkendala karena arealnya berad dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser dan terindikasi berada pada zona inti. [Edi]

 

Comments
To Top