Sosial

Patroli Hunting di Abdya, Sasar Pengendara Lawan Arus

Kapolres Abdya AKBP Andy Hermawan SIK MSc menyematkan pita saat gelar pasukan Ops Zebra Rencong di Halaman Mapolres setempat, Rabu (1/11).

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Selain melakukan razia dalam rangka Operasi Zebra Rencong 2017, Satlantas Polres Aceh Barat Daya (Abdya) selama 14 hari berturut-turut juga akan melakukan patroli hunting untuk membidik sasaran pengendara yang melawan arus, tidak menggunakan helm dan juga menerobos lampu merah.

Patroli hunting tersebut terpusat di kawasan wajib lalulintas mulai Jalan Nasional Desa Keude Paya hingga Jalan Nasional Desa Keude Siblah, Kecamatan Blangpidie.

Khusus untuk Jalan Haji Ilyas akan lebih diperketat karena merupakan jalur padat dan menindaklanjuti atensi Kapolres Abdya yang disampaikan pemerintah kabupaten setempat.

“Untuk patroli hunting ini, kita akan menertibkan kendaraan yang mencoba melawan arus karena akan membuat lokasi jalan menjadi macet dan berdesakan serta membahayakan para pejalan kaki di seputaran kota Blangpidie,” kata Kapolres Abdya, AKBP Andy Hermawan SIK MSc melalui Kasat Lantas, Iptu RJ Agung Pratomo SIK usai menggelar Apel Ops Zebra Rencong di Halaman Mapolres setempat, Rabu (1/11/2017).

Tujuan pelaksanaan hunting atau proses ditempat itu, untuk menciptakan Polantas yang dekat dengan masyarakat, mewujudkan kelancaran berlalu lintas, menekan angka kejahatan jalanan dan pelanggaran lalulintas, juga akan menekan angka kejadian laka lantas.

“Dengan adanya penindakan tegas ini, maka angka kecelakaan akan semakin menurun. Buktinya, dalam tahun 2017 angka kecelakaan turun 30 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu,” sebut Agung didampingi KBO Lantas Ipda Usman Taib.

Selain pengendara yang melawan arus, sasaran patroli hunting juga mengarah kepada pengendara yang tidak menggunakan helm juga yang menerobos lampu merah.

“Kita berharap, selama Ops Zebra Rencong mulai dari tanggal 1-14 November 2017 mendatang, pengendara semakin sadar akan pentingnya mematuhi aturan berlalu lintas,” tutur Agung.

Jika dirilis dari tahun lalu, tambah Agung. Angka laka lantas selama tahun 2016 mencapai 87 kasus, sedangkan tahun ini hingga bulan Oktober 2017 baru sekitar 49 kasus laka lantas. Artinya terjadi penurunan dengan adanya penindakan tegas yang dilakukan Satlantas Polres Abdya.

“Upaya penindakan tegas yang kita lakukan bukanlah semata untuk kepentingan pribadi, akan tetapi untuk keselamatan para pengendara agar tetap aman dan lancar sehingga tidak terjadi kerugian materil terhadap pengendara itu sendiri,” tutur Agung labih lanjut.

Amatan dilapangan, Apel Ops Zebra Rencong tahun 2017 dipimpin lansung Kapolres Abdya AKBP Andy Hermawan SIK MSc yang juga turut dihadiri Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, perwakilan unsur Muspida, sejumlah kepala Instansi terkait, perwira Polres Abdya dan para peserta dari TNI/Polisi, Satpol PP dan WH serta Dishub turut mengambil barisan dibawah komando Ipda Usman Taib selaku KBO Lantas Polres setempat. (Rizal).

To Top