Sosial

Menjelang Sail Sabang, 1220 Kamar Hotel Sudah Dibooking

kapal yacht

Loveaceh.com

ACEHTERKINI.COM | Saat perhelatan kegiatan tahunan nasional “Sail Sabang” dari 28 November sampai 5 Desember 2017 sebanyak 1.220 kamar hotel sudah penuh di pulau terluar paling ujung barat Indonesia tersebut.

Panitia Sail Sabang Seksi Akomodasi Daud di Sabang, Senin (20/11/2017) menyampaikan, sebanyak 1.220 kamar hotel yang ada di seluruh kepulauan paling ujung barat Indonesia sudah dipesankan untuk para tamu undangan Sail Sabang.

“1.220 kamar hotel sudah ter-booking untuk tamu undangan Sail Sabang dan dari tanggal 28 November sampai 3 Desember semua kamar hotel penuh,” kata mantan Asisten II Pemerintah Kota Sabang itu ketika dimintai keterangan terkait kesiapan pelaksanaan Sail Sabang.

Ia menyampaikan, Panitia Sail Sabang telah mendata semua pelaku usaha home stay dan selanjutkan kamar itu akan ditawarkan kepada para wisatawan yang akan berkunjung ke Sabang selama perhelatan kegiatan tahunan nasional itu.

“Semua kamar hotel dipastikan sudah penuh dan wisatawan yang datang ke Sabang akan kami tawarkan home stay atau rumah-rumah warga yang disewakan,” katanya lagi

Lebih lanjut ia menyatakan, even tahunan nasional tersebut diperkirakan akan dikunjungi sebanyak 5.000-an wisatawan domestik dan internasional.

Sail Sabang akan digelar dari 28 November sampai 5 Desember 2017 mengangkat tema “Menuju Sabang Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia” dan direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tanggal 2 Desember 2017.

Lokasi puncak penyelenggaraan Sail Sabang difokuskan pada tiga titik yakni Teluk Sabang atau Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Sabang Fair, dan Tugu Kilometer Nol Indonesia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Reza Fahlevi menyampaikan, persiapan perhelatan kegiatan sudah rampung 80 persen

“Ya, sekarang sudah 80 persen persiapannya,” kata Kepala Disbudpar Aceh Reza Fahlevi saat ditanyai persiapan Sail Sabang di Pelabuhan Ulee-Lheue, Banda Aceh, Sabtu.

Menurutnya, persiapan Sail Sabang tidak hanya dilakukan di kepulauan paling ujung barat Indonesia, bahkan panitia pusat (Kementerian Pariwisata) rutin menggelar rapat untuk kesiapan penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Sail Indonesia sebelumnya diadakan di Morotai, Maluku Utara tahun 2012; Komodo, Nusa Tenggara Timut tahun 2013; Raja Ampat, Papua Barat tahun 2014; dan Sail Tomini, Sulawesi Tengah, Oktober 2015.

ANTARA

Comments
To Top