Hukum

Dua Hari Operasi Zebra, Polantas Aceh Barat Jaring 150 Kenderaan

Gambar Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Selama operasi zebra 2017, Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Aceh Barat sudah menjaring sedikitnya 150 lebih roda dua dan roda empat yang tidak memiliki surat dan kelengkapan kendaraan.

Kasatlantas Polres Aceh Barat, AKP Widya Rachmat Jayadi SIK, Senin (6/11/2017) mengatakan, dalam operasi zebra 1-14 November 2017 ini, polisi sudah berhasil menjaring 150 lebih kendaraan yang tidak memiliki SIM maupun STNK.

“Kita tilang ditempat, lalu pengendara diminta bayar langsung ke kas negara melalui BRI sesuai tarif yang dilanggar. Kemudian pengendara diminta balik ke Kantor Polres Aceh Barat dan menunjukkan bukti setoran dari BRI tersebut,” kata Kasatlantas Polres Aceh Barat saat melakukan razia di Gampong Cit Darat, Kecamatan Samatiga.

Selain tidak memiliki SIM dan STNK, Kasatlantas mengatakan, pihaknya juga menilang pengendara yang tidak mematuhi aturan yang sudah ditetapkan, misalnya tidak memakai helm muka belakang, tidak memiliki kaca spion kanan kiri, dan tidak menggunakan sabuk keselamatan bagi kenderaan roda empat.

“Aturan itu sudah disampaikan kepada masyarakat jauh hari sebelum digelarnya operasi zebra 2017, kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia, dan berakhir 14 November mendatang,” kata Jayadi.

Melalui kegiatan ini, kata Jayadi diharapkan dapat menumbuhkan sikap tertib lalu lintas, sekaligus menimbulkan efek jera bagi para pelanggar lalu lintas. [Wawan]

To Top