Ekonomi

Dekranasda Kunjungi Pengrajin Sulaman Benang Emas di Aceh Jaya

Ketua Dekranasda Aceh, Darwati A Gani mengunjungi Pengrajin Sulaman Benang Emas di Teunom, Aceh Jaya, Senin 13 November 2017

Foto | Arif

ACEHTERKINI.COM | Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh melakukan kunjungan untuk melihat kerajinan sulaman benas emas di gampong binaan Desa Panton, Kecamatan Teunom, Senin (13/11/2017).

Ketua Dekranasda Aceh, Darwati A Gani mengatakan Dekranasda akan memperbanyak kegiatan pelatihan-pelatihan kepada para pengrajin di Aceh agar hasil karyanya akan lebih baik.

“Kalau selama ini pengrajin sulaman benang emas hanya membuat keperluan pelaminan, maka kedepan ada jenis lain yang dapat dilakukan, seperti taplak meja, atau kipas. Pengrajin sebaiknya bisa melihat selera pasar,” ujar Darwati didampingi Ketua Dekranasda Aceh Jaya, Ernani Wijaya.

Menurut Darwati permintaan akan kebutuhan pelaminan sangat terbatas, akan tetapi pengrajin bisa membuat bahan-bahan kecil seprti gantungan kunci yang dijadikan sovenir dengan harga yang lebih murah.

Dekranasda Aceh akan melakukan pembinaan dan pelatihan-pelatihan bagi pengrajin di seluruh Aceh. Sehingga hasil karyanya dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas. “Pengrajin semakin berkembang dan perekonomian masyarakat semakin bertambah,” tutur Darwati A Gani. [Arif]

Comments
To Top