Ekonomi

Bupati Aceh Jaya Ajak Masyarakat Siapkan Lahan Tanaman Nilam

Bupati Aceh Jaya, Drs. T. Irfan TB

ACEHTERKINI.COM | Bupati Aceh Jaya, Drs. T. Irfan TB mengajak masyarakat agar menyiapkan lahan untuk menanam nilam. “Prospek nilam akan cerah kembali,” kata bupati dalam Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Nilam di Aceh Jaya oleh ARC Unsyiah dan Kemenristekdikti di Calang, Senin (07/11/2017).

Himbauan tersebut kata bupati karena mengingat selama ini minat warga menanam nilam menjadi berkurang karena harganya turun, sehingga warga beralih ke tanaman sawit.

“Beberapa tahun ini minat para petani sudah kurang dalam menanam nilam karena harganya turun, sehingga banyak petani beralih ke tanaman sawit,” kata T. Irfan.

“Saya sampaikan kepada masyarakat bahwa kita akan berjaya lagi dengan nilam, siapkan lahan. Karena kita akan cerah kembali dengan tanaman nilam. Prospek minyak nilam Aceh sangat baik, bahkan menjadi salah satu bahan baku pembuatan minyak wangi Channel dari Perancis, ini sangat mahal harganya,” kata Bupati Aceh Jaya, T. Irfan.

Melalui kerjasama dengan ARC Unsyiah dan Kemenristekdikti ini, Pemerintah Aceh Jaya akan mengembangkan 200 hektar lahan untuk tanaman nilam.

Ketua ARC Unsyiah, Dr. Syaifullah Muhammad menyampaikan tanaman nilam Aceh sangat baik kandungannya, bahkan nomor satu di dunia.

“Kami menyebut minyak nilam Aceh dengan The Green Gold of Aceh,” ujar Syaifullah seraya mengajak petani agar bangkit kembali menanam nilam.

Kasubdit Pengembangan Sistem dan Jaringan Inovasi Kemenristekdikti, Wihatmoko Waskitoaji yang hadir dalam pertemuan itu mengatakan, nilam Aceh salah satu dari delapan daerah yang ada di Indonesia akan dikembangkan tanaman nilam.

Untuk diketahui Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh mencatat ekspor minyak nilam Aceh melalui Pelabuhan Belawan di Sumatera Utara pada Januari – September 2017 sebesar 7.998.473 dollar AS atau setara dengan Rp107 miliar lebih, jika kurs dollar hari ini, Rabu (9/11/2017) berjumlah Rp13.380. [Arif]

Comments
To Top