Sosial

BPNB Aceh Jadikan Festival Permainan Tradisional Rutin Setiap Tahun

BPNB Aceh Gelar Festival Permainan Tradisional Anak Aceh, Aleuhat 26 November 2017

ACEHTERKINI.COM | Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh menjadikan festival permainan tradisional Aceh rutin dilakukan setiap tahun. Langkah ini mendapat apresiasi dari Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman.

“Saya mengapresiasi BPNB Aceh yang menjadikan festival permainan tradisional anak-anak Aceh sebagai kegiatan rutin setiap tahunnya,” kata Wali Kota saat membuka acara festival permainan tradisional di Blangpadang, Banda Aceh, Aleuhat (26/11/2017).

Menurut Aminullah Usman kegiatan itu penting digelar untuk melestarikan warisan budaya yang sangat bermanfaat dalam pembentukan karakter anak-anak. Saat ini permainan tradisional seperti geunteut atau egrang, dan pukul galah sudah mulai ditinggalkan oleh generasi sekarang.

“Acara ini juga penting dilakukan secara rutin di sekolah-sekolah,” ujar Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman.

Sebanyak 1000 pelajar tingkat sekolah dasar se Kota Banda Aceh, dan Kabupaten Aceh Besar ikut serta memeriahkan festival permainan tradisional anak. Permainan yang dilombakan antara lain, engklek, hadang, egrang, terompah panjang, dan tarek talo.

Untuk menyemarakkan acara itu, BPNB Aceh menyediakan trofi dan hadiah pembinaan sebesar Rp45 juta bagi para pemenang. [Edi/Ril]

To Top