Peristiwa

BMKG: Badai Dahlia dan Eddy Tidak Melintasi Aceh

BMKG

ACEHTERKINI.COM | Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh badai Dahlia dan pusaran Eddy atau pusaran angin yang melintasi perairan barat selatan sumatera akan berdampak buruk di hampir wilayah Aceh. Badai Dahlia tidak melintasi Aceh.

Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh, Zakaria menuturkan badai Dahlia diperkirakan aktif dua hari kedepan. Imbasnya di Aceh karena ada pusaran Eddy sehingga terjadi konvergen atau penyatuan arah angin di atmosfer wilayah Aceh.

“Yang berpengaruh terhadap gelombang di perairan Sabang lebih disebabkan adanya pusaran Eddy,” kata Zakaria, Kamis (30/11/2017). BMKG Aceh memperkirakan tinggi gelombang di perairan Sabang pada Jumat 1 Desember 2017 mencapai 3-5 meter.

Prakiraan Tinggi Gelombang Perairan Aceh, sumber, BMKG Aceh

Sedangkan pengaruh badai Dahlia terhadap kondisi cuaca adalah tersedotnya masa udara ke badai Dahlia sehingga terbentuk belokan angin dan mengerucutnya arah angin di atmosfer Aceh.

Badai Dahlia ini akan berdampak terjadinya hujan sedang hingga lebat di Lampung, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Dampak lain adalah angin kencang di atas 20 knot di pesisir barat Bengkulu hingga Lampung, Banten bagian selatan, dan Jawa Barat bagian selatan.

Gelombang laut dengan ketinggian 2.5 – 4.0 meter di Perairan barat Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu, Perairan selatan Jawa Timur.

Gelombang laut dengan tinggi 4.0 – 6.0 meter di Perairan Pulau Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Banten hingga Jawa Tengah, Samudra Hindia barat Lampung hingga selatan Jawa.

Hasil pantauan yang dikeluarkan Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) yang dikutip laman BMKG, Kamis (30/11/2017) menyebutkan siklon tropis Dahlia tanggal 30 November 2017 pukul 19.00 wib berada di posisi 9,5 Lintang Selatan, 106.9 Bujur Timur atau sekitar 375 kilometer sebelah selatan Jakarta menuju ke tenggara dengan kecepatan angin maksimum 40 knot atau 75 kilometer per jam bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Prediksi TCWC pada Jumat, 1 Desember 2017, pukul 19.00 wib, siklon Dahlia berada di 10,8 Lintang Selatan. 109,6 Bujur Timur atau 610 kilometer sebelah selatan tenggara Jakarta menuju timur tenggara bergerak menjauhi wilayah Indonesia. Kecepatan angin diperkirakan hingga 45 knot atau 85 kilometer per jam.

Diperkirakan badai Dahlia dan Eddy menjauhi wilayah Indonesia pada Minggu, 3 November 2017, pukul 19.00 wib. [Firman]

Comments
To Top