Sosial

Abdullah Saleh Prihatin, Warga Peunaga Cut Ujong “Mandi” Debu Batubara

Abdullah Saleh Mengunjungi Desa Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aleuhat 19 November 2017

Foto | Wawan

ACEHTERKINI.COM | Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh dari Partai Aceh, Abdullah Saleh mengaku sedih melihat kondisi masyarakat di Desa Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat. Pasalnya karena “mandi” debu batubara, banyak anak-anak sudah mulai menderita penyakit paru-paru.

Hal itu dikatakan Abdullah Saleh saat meninjau lokasi pemukiman warga Peunaga Cut Ujong, Aleuhat (19/11/2017).

Menurut Ketua Komisi I DPR Aceh ini, debu di pemukiman warga tersebut sudah sangat membahayakan kesehatan selama stockpile berada dalam kawasan.

Sebenarnya masalah debu batubara ini sudah pernah diprotes warga. “Saya akan menyampaikan dalam sidang DPR Aceh nanti terkait masalah yang dihadapi warga Peunaga Cut Ujong. Ini ada kejanggalan saat dikeluarkan Amdal, sebab penumpukan batubara itu langsung berhadapan dengan perumahan warga,” ujar Abdullah Saleh.

Masih dikatakan Abdullah Saleh, jika tidak ada solusi dari pemerintah, maka salah satu cara adalah relokasi ke lokasi yang aman oleh perusahaan batubara yang bekerja di kawasan Desa Peunaga Cut Ujong. “Ini kasus sudah berlangsung lima tahun,” katanya singkat. [Wawan]

Comments
To Top