Kesehatan

YARA Galang Dana Untuk Penderita Atresia Bilier

Edi Saputra YARA bersama Asisten Setda Kota Subulussalam, Masri

Foto | Alim

ACEHTERKINI.COM | Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Kota Subulussalam terus melakukan upaya agar Njuah Misdiani umur enam bulan penderita penyakit Atresia Bilier yang kini sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) bisa diberangkatkan ke RSCM Jakarta.

Salah satu upaya yang dilakukan YARA yakni melakukan penggalangan dana untuk biaya pendamping Njuah ke Jakarta. Sebab, biaya pendamping yang menemani Njuah ditanggung sendiri oleh keluarganya.

Ketua YARA Perwakilan Subulussalam, Edi Sahputra kepada acehterkini, Jumat (20/10/2017) mengatakan, pihaknya sudah tiga hari ini melakukan penggalangan dana untuk Njuah. Bahkan, dia bersama Sekretarisnya menyerahkan kotak kepedulian terhadap Njuah kepada Pemerintah Kota Subulussalam yang langsung diterima oleh Asisten Setdako, Masri S, SP.

“Hal ini kita lakukan untuk mengetuk hati semua pihak agar bisa meringankan beban penderitaan Njuah Masdiani yang menderita penyakit Atresia Bilier, kondisinya kini memprihatinkan tubuhnya yang imut kini menguning dan perut membesar,” kata Edi.

Edi mengaku pihaknya telah duduk bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD dan ibu dari Njuah mengenai jadwal keberangkatan ke Banda Aceh dan selanjutnya ke RSCM Jakarta.

Namun, pihak keluarga belum bersedia diberangkatkan karena terkendala masalah biaya hidup selama mendampingi di Jakarta.

“Pihak keluarga masih butuh uluran tangan kita untuk bisa melanjutkan proses perobatannya sampai ke jakarta, karena kondisi ekonomi mereka memang tidak mampu,” ujar Edi.

Edi juga mengimbau kepada masyarakat untuk saling bahu membahu membantu Njuah agar segera diberangkatkan ke Jakarta. Sebab, penyakit yang diderita Njuah terbilang langka dan perlu keseriusan menanganinya.

Untuk diketahui, Atresia bilier adalah kondisi langka yang menyebabkan penyumbatan saluran empedu. Saluran empedu pada hati, disebut juga dengan duktus hepatikus, merupakan saluran yang membawa cairan empedu dari hati ke kantong empedu untuk disimpan dan ke usus kecil untuk digunakan dalam pencernaan. [Alim].

To Top