Hukum

Terlibat Curanmor, Warga Kuala Batee diperiksa Polisi

Kapolsek Kuala Batee, Ipda Irfan Ismail SH didampingi anggota Polsek memperlihatkan tersangka berikut barang bukti curanmor, Kamis (5/10/2017)

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | DA alias DP (22) warga Desa Panto Cut, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) harus berurusan dengan pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Kuala Batee, jajaran Polres Abdya karena terlibat aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Kapolres Abdya AKBP Andy Hermawan SIK MSc melalui Kapolsek Kuala Batee Ipda Irfan Ismail SH, kepada Wartawan, Kamis (5/10/2017) membenarkan penangkapan DA warga Desa Panto Cut. Penangkapan itu didasari laporan korban Rika Ismawati, (22) warga Desa Panto Cut, dengan Nomor : LP / 08 / X / 2017 / ACEH / RES ABDYA, Tanggal 02 Oktober 2017.

“Pelaku saat ini masih kita periksa dan dimintai keterangan lebih lanjut terhadap tindakan yang telah membuat warga lain resah,” katanya.

Menelusuri kronologis yang diceritakan korban, pada hari Senin (2/10/2017) lalu, sekitar pukul 06.30 wib sepeda motor Yamaha Mio milik korban telah hilang saat terbangun dari tidurnya.

Seketika itu pintu kamar tempat korban tertidur tidak bisa dibuka, sehingga korban terpaksa keluar melalui jendela. “Begitu melihat keluar, pintu rumahnya sudah terbuka lebar, juga motor milik korban telah raib dicuri orang,” tutur Irfan mengulang keterangan korban.

Korban melihat pintu kamar tidurnya telah diikat menggunakan tali gorden dari luar, selain itu jendela dapur dekat meja makan juga terbuka meski tidak dirusak. Atas kejadian tersebut, korban membuat laporan ke Polsek Kuala Batee.

Setelah mendapatkan laporan, tim dipimpin langsung Kapolsek Irfan, melakukan penyelidikan. Sehari setelah kejadian, tim memperoleh informasi, bahwa di gubuk kosong, Desa Rumah Panyang, Kecamatan Kuala Batee, ditemukan satu unit sepeda motor Yamaha Mio.

Begitu dicek benar sepeda motor tersebut, milik pelapor Rika Ismawati, dengan Nomor Polisi BL 4289 CE. Begitu disesuaikan dengan STNK nomor mesin 28D944633 dan nomor rangka MH328D0039J944270 juga sama.

Barang bukti tersebut langsung dibawa ke Mapolsek Kuala Batee untuk proses penyelidikan lebih lanjut. Begitu melakukan pengembangan dari kasus Curanmor itu, tim Polsek Kuala Batee mengamankan seorang laki-laki DA yang diduga terlibat dalam kasus tersebut.

“DA langsung kita giring ke Mapolsek Kuala Batee untuk dimintai keterangan atas dugaan keterkaitan dirinya dengan kasus Curanmor tersebut,” ungkap Irfan.

Tidak lama berselang, pada Rabu (4/10/2017) sekitar Pukul 14.30 WIB, DA mengakui perbuatannya itu setelah dimintai keterangan oleh polisi secara marathon.

“Saat ini, pelaku berikut barang bukti, kita amankan di Mapolsek Kuala Batee. Dan kita akan terus melakukan pengembangan lebih lanjut,” ujar Irfan. (Rizal)

To Top