Ekonomi

Soal Tambang Emas, Irwandi: Ambil Dipinggir-Pinggir Leuser

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf

Foto | Humas Pemerintah Aceh

ACEHTERKINI.COM | Selain mengajak jaga Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengimbau masyarakat dan pemerintah tida merusak lingkungan. Potensi alam di Kabupaten Nagan Raya sangat bernilai tinggi. Ambil seperlunya, jangan sampai kita mewariskan kerusakan alam kepada anak cucuk kita.

Demikian sambutan Irwandi Yusuf saat melantik Bupati dan Wakil Bupati Nagan Raya, Jamin Idham dan Chalidin Oesman masa bakti 2017-2022 pada Rapat Parupurna Istimewa DPRK Nagan Raya, Senin (09/10/2017).

“Saya ingatkan, bencana alam yang kerap terjadi, seperti banjir atau tanah longsor banyak disebabkan ulah manusia yang merusak lingkungan. Pengrusakan itu harus kita cegah agar lingkungan lebih aman dan hidup masyarakat lebih tentram,” ujar Irwandi Yusuf.

Irwandi juga menekankan, bahwa Nagan Raya merupakan kabupaten yang sangat kaya potensi alam. Selain potensi laut, ngan Raya juga dikenal kaya akan potensi alam, mulai dari bahan tambang galian C maupun bahan tambang bernilai tinggi, seperti batubara, emas, tembaga, biji besi, dan lainnya.

“Namun perlu saya ingatkan, sebagian kawasan Nagan Raya ini bersentuhan dengan wilayah Ekosistem Leuser. Dari berbagai potensi dan kekayaan yang dimiliki pesan saya adalah, ambil seperlunya, ambil yang di pinggir-pinggir terlebih dahulu. Jangan sampai kita mewariskan kerusakan alam kepada anak cucu kita,” kata Irwandi.

Dalam kesempatan tersebut, Irwandi mengungkapkan, dalam sebuah kesempatan dirinya pernah ditawari uang ribuan dolar oleh pengusaha bonafit, dengan syarat dirinya harus mengeluarkan izin tambang emas di wilayah tengah Aceh termasuk Nagan Raya.

“Namun saya bergeming. Oleh karena itu saya mengajak Bupati dan Wakil Bupati untuk tahan terhadap godaan-godaan dari pengusaha nakal seperti ini. jangan sampai karena kesenangan sesaat kita justru merusak alam kita,” ujarnya. [Ril]

Comments
To Top