Layanan Publik

Sembilan Unit Ambulance di Abdya Terancam Jadi Besi Tua

Sembilan unit mobil ambulance di Abdya terancam jadi besi tua. Foto direkam Kamis 19 Oktober 2017

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak sembilan unit mobil ambulance milik Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya (Abdya) bakal menjadi barang rongsokan. Pasalnya mobil pelayanan kesehatan itu terbengkalai termakan usia di belakang kantor Dinas Kesehatan setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Anwar Daud mengatakan, seluruh mobil ambulance itu sudah rusak. “Jika diperbaiki, maka akan menghabiskan dana yang tidak sedikit, sementara kondisi kendaraan itu jauh dari nilai kelayakan,” kata Anwar Daud, Kamis (19/10/2017).

Menurutnya mobil-mobil ambulance itu merupakan kendaraan model lama dengan masa pemakaian yang sudah cukup lama. Bahkan sejak Abdya berpisah dengan Kabupaten Aceh Selatan. Ada beberapa kendaraan yang tidak layak pakai itu sebelumnya milik Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan.

“Pasca mekar dari kabupaten induk, beberapa unit kendaraan milik Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Abdya dengan tujuan membantu dan memaksimalkan pelayanan kesehatan, terutama dalam hal antar jemput pasien gawat darurat,” tuturnya.

“Kondisi kerusakan mobil itu lumayan parah, sementara masa kadaluarsanya juga sudah lewat. Kalau pemakaian mobil itu sudah di atas lima tahun, maka sudah seharusnya untuk dilelang,” paparnya.

Lantaran tidak tersedianya tempat parkir, maka halaman belakang menjadi solusi untuk penempatan mobil-mobil tersebut. Sejauh ini pihaknya telah membuat laporan secara resmi kepada Bidang Asset Daerah terkait kondisi kendaraan yang tak layak pakai serta berbagai kerusakan pada kendaraan dimaksud. Namun, belum ada instruksi mengenai tindak lanjut dari pemanfaatan kendaraan itu.

“Harusnya kendaraan itu dilelang dan kami telah menyerahkan semua dokumennya ke Bidang Asset. Kalau pun tetap diperbaiki, justru akan memakan biaya yang tidak sedikit dan penggunaanya juga tidak akan optimal,” demikian Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Anwar Daod. (Rizal)

To Top