Sosial

Sampah Berserakan, Muslizar Kritik Kondisi SMPN 1 Manggeng

Pelaksanaan Upacara Bendera Setiap Hari Senin di SMPN 1 Manggeng, Abdya, 23 Oktober 2017

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Muslizar MT merasa kecewa dengan kondisi terkini SMP Negeri 1 Manggeng. Pasalnya, Sekolah yang menjadi kebanggaan warga Manggeng tersebut ternyata tidak mencerminkan layaknya SMP percontohan.

Kondisi itu diamati Wabup Muslizar saat menjadi Pembina Upacara di SMP dimaksud, Senin (23/10/2017). Kekecewaannya saat melihat kondisi sekolah yang tidak bersih, dan sejumlah bangunan juga sudah mulai terlihat rusak.

Selain itu, perkarangan sekolah juga tidak mencerminkan kebersihan, sampah dimana-mana, termasuk tanaman pohon yang berada di pintu gerbang masuk sekolah dibiarkan begitu saja, padahal pohon tersebut sudah hampir tumbang.

“Harusnya SMP ini menjadi contoh untuk sejumlah sekolah lainnya yang ada di Manggeng, tidak dibiarkan amburadul begitu saja,” kata Wabup Muslizar saat menjadi Pembina Upacara didampingi Kepala Dinas Pendidikan Abdya, Drs Yusnaidi, Kabid Dikdas Ubairizal ST dan sejumlah guru di SMPN 1 Manggeng.

Kepada pihak sekolah, Wabup Muslizar mengingatkan agar setiap hari Sabtu untuk melatih siswa yang akan melaksanakan upacara setiap Senin. Dengan persiapan yang matang, maka hasilnya juga akan menjadi baik.

“Hari ini kami melihat petugas pelaksana upacara tidak siap, jadi kami berharap mohon dibimbing dan dilatih kembali,” pintanya.

Wabup Muslizar juga menganjurkan agar sebelum masuk ke ruang belajar, siswa diharuskan untuk memungut sampah. Upaya itu harus digalakkan kembali, karena menata keindahan lokasi tempat belajar perlu dilakukan untuk menciptakan semangat belajar.

Saat ini pendidikan sudah dibiayai oleh negara, maka pergunakan uang negara itu dengan sebaiknya. “Jadi tidak ada lagi laporan tentang adanya siswa yang tidak melaksanakan upacara karena listrik mati atau sarana lain yang sudah mulai rusak, karena dana untuk itu semuanya sudah tersedia,” ujar Wabup Muslizar.

Terakhir, Wabup Muslizar berharap kepada kepala sekolah untuk menata kembali SMPN 1 Manggeng ini dengan baik. Berikan contoh kepada SMP lainnya yang ada di Abdya.

“SMPN 1 Manggeng ini menjadi icon kebanggaan warga Manggeng, banyak orang-orang sukses yang pernas sekolah di SMP ini, jadi perlu dijaga keindahannya termasuk meningkatkan mutu pendidikan,” demikian harap Muslizar. (Rizal)

To Top