Sosial

Putra Putri Eks GAM Meriahkan Hari Sumpah Pemuda

Putra Putri Eks GAM Meriahkan Hari Sumpah Pemuda di Kantor Bupati Aceh Jaya, Senin 30 Oktober 2017

Foto | Arif

ACEHTERKINI.COM | Sejak terbentuknya Forum Putra Putri Komite Peralihan Aceh (FPPKPA) 2016 lalu, ini adalah tahun pertama putra putri eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89 di Kantor Bupati Aceh Jaya, Senin (30/10/2017).

Dengan berpakaian loreng lengkap, mereka berbaris bersama TNI Polri, Pemuda Muhammadiyah, anggota Pramuka, dan PNS di jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya.

Ketua Umum FPPKPA Aceh Jaya, Azis Muhajir mengatakan, forum putra putri anggota Komite Peralihan Aceh (KPA) ini didirikan atas dasar ideologi perjuangan. Tujuannya untuk menyatukan anak-anak mantan kombatan GAM.

“Selain mempererat persatuan, juga untuk memperjuangkan hak-hak anak mantan kombatan GAM,” kata Azis usai mengikuti peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Azis menyampaikan pada prinsipnya kehadiran FPPKPA ini ingin ikut mengawal perdamaian Aceh yang terus berkelanjutan. “Bagi anak-anak mantan kombatan GAM, perjanjian MoU Helsinki adalah tentang komitmen, tentang harga diri sebuah bangsa yang bermartabat,” kata Azis.

Kehadiran FPPKPA memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda ini kata Azis adalah yang pertama sejak FPPKPA memiliki legalitas hukum sebagai organisasi. “Ini adalah bentuk dukungan kami terhadap pergerakan pemuda Indonesia,” demikian Azis Muhajir. [Arif]

To Top