Hukum

Puluhan Kenderaan Terjaring Razia Gabungan di Abdya

Puluhan kenderaan terjaring razia gabungan di Aceh Barat Daya, Rabu 11 Oktober 2017

Foto | Wawan

ACEHTERKINI.COM | Petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Aceh Barat Daya (Abdya) menjaring puluhan sepeda motor dan kendaraan roda empat yang tidak melengkapi surat-surat dalam razia di Jalan Selamat, Pusat Kota Blangpidie, Rabu (11/10/2017).

KBO Lantas Polres Abdya, Ipda Usman T mengatakan, razia kendaraan tersebut merupakan tugas rutin yang digelar mengecek kendaraan yang tidak memiliki surat-surat pendukung menggunakan kendaraan.

“Kami rutin menggelar razia kendaraan di sejumlah titik baik dalam Kota Blangpidie maupun di kecamatan-kecamatan. Tindakan ini dilakukan selain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tertib berlalu lintas juga menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para pengendara kendaraan saat melintas di jalan raya,” kata Ipda Usman kepada acehterkini di lokasi razia.

Menurutnya, dalam razia kendaraan bermotor, pihaknya berhasil menjaring puluhan kendaraan baik roda dua, roda empat dan roda enam yang terbukti tidak memiliki surat-surat kendaraan secara lengkap.

Usman menyebutkan, sejumlah kasus penindakan tegas tersebut terdiri dari roda dua, roda empat bahkan roda enam yang tidak bisa menunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Kemudian, khusus roda dua tidak menggunakan helm standar, tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) termasuk tidak memiliki kaca spion dan sejumlah pelanggaran lainnya.

“Selain masalah STNK, dalam razia tersebut juga dilakukan penindakan pengendara roda dua yang tidak memiliki serta telah mati Surat Izin Mengemudi (SIM) termasuk penindakan terhadap kendaraan yang sudah mati pajak. Dimana, kita juga menghadirkan pihak Dispenda Provinsi Aceh,” ungkapnya.

Razia ini, tambah Usman, merupakan razia gabungan yang terdiri dari Dispenda, POM serta Dinas Perhubungan.

Karena itu, Satlantas Polres Abdya mengimbau kepada para pengendara kendaraan, agar melengkapi surat-surat kendaraannya serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas sehingga ke depannya tingkat kesadaran masyarakat tertib berlalu lintas semakin meningkat.

“Sejauh ini masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya menjaga keselamatan berlalu lintas. Dimana, kita sering mendapati pengendara yang tidak memakai helm, tidak menggunakan kaca spion termasuk melaju dengan berlawanan arah dan ugal-ugalan di jalan raya,” demikian tuturnya. (Rizal)

Comments
To Top