Ekonomi

Pemerintah Diminta Sokong Dana untuk Aceh Jaya

Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah didampingi Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk. Yusri meninjau Pembangunan Gedung Serbaguna Mukim dan Gampong di Komplek Perkantoran Kota Calang, Rabu 18 Oktober 2017

Foto | Arif

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya mengharapkan agar Pemerintah Aceh di bawah kepemimpinan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah dapat menambah dana pembangunan untuk Aceh Jaya. Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk. Yusri berharap adanya bantuan dana hibah dari Pemerintah Aceh.

“APBK murni Aceh Jaya hanya Rp640 miliar, semenjak ditariknya kewenangan pengelolaan dana Otsus dari kabupaten menjadi kewenangan provinsi, jumlahnya sangat minim,” kata Tgk. Yusri dihadapan Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat meninjau sejumlah proyek dana Otsus di Aceh Jaya, Rabu (18/10/2017).

Tgk. Yusri mengatakan, semua proyek dana Otsus di Aceh Jaya akan selesai paling lambat 15 Desember 2017.

“Kami berharap Pemerintah Aceh dapat menambah dana dan memberikan dana hibah untuk Aceh Jaya seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Tgk. Yusri.

Mendegar keluhan itu, Nova Iriansyah sempat terkejut mendengar jumlah APBK murni Aceh Jaya hanya Rp640 miliar. “Saya minta Pemerintah Aceh Jaya dapat meningkatkan komunikasi dengan Pemerintah Aceh,” pesan Nova Iriansyah.

Di Aceh Jaya, Wakil Gubernur Aceh mengunjungi proyek jembatan Krueng Kaleung di Gampong Sabet, Kecamatan Jaya. Pembangunan jembatan sepanjang 60 meter itu menelan dana APBA 2017 sebesar Rp10,8 miliar. Jembatan ini nantinya akan menghubungkan Lamno – Jantho Aceh Besar.

Kemudian Nova Iriansyah juga mengunjungi pembangunan gedung serbaguna mukim dan gampong di komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya. Proyek ini menelan biaya ABA 2017 sebesar Rp1,4 miliar.

Sebagaimana diketahui jumlah proyek yang didanai APBA 2017 untuk Kabupaten Aceh Jaya sebanyak 38 kegiatan dan lima diantaranya sudah selesai dikerjakan. Kemudian dari 122 paket dana Otsus 2017, dan 55 paket di antaranya sudah selesai.

Dalam lawatan ke Kabupaten Aceh Jaya, Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah didampingi sejumlah Kepala SKPA, dan Kepala Tim Percepatan Pengendalian Kegiatan (TP2K) APBA Setda Aceh. [Arif]

To Top