Nasional

Parpol Tidak Bisa Ikut Pemilu Jika Syarat Ini Tidak Diisi

Komisioner Komisi Pemiliah Umum (KPU) Pusat, Viryan Aziz

ACEHTERKINI.COM | Komisioner Komisi Pemiliah Umum (KPU) Pusat, Viryan Aziz menegaskan, partai politik (parpol) yang tidak melengkapi sistem informasi partai politik (Sipol) tidak boleh mendaftar. Viryan menjelaskan, KPU sudah mengeluarkan peraturan KPU nomor 11 terkait masalah Sipol tersebut.

“Selain Peraturan KPU nomor 11, ada Surat Keputusan nomor 174. Nomor 174 itu sudah mendetailkan prosesnya, salah satunya adalah sipol wajib diisi,” ujar dia saat ditemui di Kantor KPU Pusat, Senin (9/10/2017).

Viryan menjelaskan, jika misalnya ada parpol yang mendaftar tidak dengan kelengkapan Sipol, KPU tidak bisa menerima pendaftaran tersebut. Sebab, kata dia, KPU sudah semestinya harus berlaku adil pada setiap calon peserta pemilu 2019 mendatang.

“KPU dituntut memperlakukan setiap peserta pemilu secara adil dan setara. Kalau yang lain bisa meng-input sampai selesai mendaftar yang lainnya harus sama dong,” kata dia.

Viryan menambahkan, Sipol bukan semata-mata produk KPU, melainkan produk yang sudah memiliki kejelasan payung hukum. Oleh sebab itu, kata dia, tidak ada lagi alasan untuk tidak memenuhi persyaratan Sipol yang diberikan KPU.

“(Sipol disahkan) di peraturan KPU, dibahas oleh Bawaslu dan Pemerintah, di Komisi II DPR di RDPkan (Rapat Dengar Pendapat),” ujar dia mengakhiri.

Republika

To Top