Lingkungan

Lakukan Penghijauan, Polres Abdya Tanam Mangga dan Pinus

Kapolres Abdya AKBP Andy Hermawan SIK MSc didampingi Bupati Abdya, Akmal Ibrahim dan unsur Muspida lainnya saat menanam pohon secara simbolis di halaman Mapolres Abdya, Selasa (17/10).

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Jajaran Polres Aceh Barat Daya (Abdya), Selasa (17/10/2017) menggelar aksi penghijauan di komplek Mapolres setempat.

Dalam pelaksanaanya, Kapolres Abdya, AKBP Andy Hemawan SIK MSc didampingi Bupati Abdya, Akmal Ibrahim dan unsur Muspida lainnya menanam secara simbolis Pohon Mangga dan Pinus di halaman Mapolres.

Disela kegiatan penanaman pohon tersebut, Kapolres Abdya, AKBP Andy Hermawan mengatakan, tujuan dari penanaman pohon demi kelangsungan hidup yang sehat serta menjaga kelestarian lingkungan.

“Pohon merupakan paru-paru dunia yang perlu dilestarikan sekaligus sebagai elemen yang penting bagi kesejahteraan masyarakat. Jadi kita menanam pohon selain untuk penghijauan juga buah dari pohon tersebut dapat dimanfaatkan, contohnya mangga,” katanya dalam kegiatan yang juga dihadiri Wakil Bupati, Muslizar, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Puji Hartono SIP, Kajari Abdya, Abdur Kadir, SH MH, Ketua DPRK Zaman Akli serta Bayhangkari Polres setempat.

Ditambahkan, dengan menanam pohon tentunya akan memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan makhluk hidup yang ada. Hal ini perlu diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat yang sangat berperan dalam ekosistem alam agar menjadi bahan pengetahuan sehingga menyadari betapa pentingnya peranan pohon di lingkungan sekitar.

Pada dasarnya pohon itu sebagai penyumbang oksigen. Dimana setiap makhluk hidup memerlukan oksigen (O2) saat bernafas. Pohon berfungsi sebagai penyimpan air dalam tanah guna memenuhi kebutuhan makhluk hidup. Fungsi lain dari pohon yakni untuk mengurangi polusi udara. Akhir-akhir ini gas polutan dari kendaraan bermotor yaitu karbon dioksida (CO2) sangat mengganggu kesehatan masyarakat.

“Pohon juga sebagai penyedia makanan, seperti pohon mangga yang ditanam hari ini. Selain itu, pohon juga sebagai pembentuk keindahan lingkungan,” sebut Kapolres Andy.

Dari sekian banyak manfaat menanam pohon tersebut, masyarakat Abdya diminta untuk menerapkan budaya tanam pohon di sekitar lingkungan tempat tinggal, sehingga kesuburan dan keindahan alam tetap terjaga.

Untuk itu, Kapolres Andy menekankan agar pohon yang sudah ditanam terjaga dengan baik. Jangan sekali-kali melakukan penebangan. Terkecuali pohon yang telah mengancam keselamatan tempat tinggal masyarakat. Menebang pohon memang sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat, sementara untuk menanamnya butuh waktu bertahun-tahun hingga pohon itu dewasa.

“Penghijauan ini merupakan solusi untuk mengantisipasi terjadinya bencana seperti longsor, banjir dan lain sebagainya. Untuk itu, mari kita rawat tanaman yang telah hidup ini,” demikian tambahnya. (Rizal)

To Top