Lingkungan

Lahan Terbakar, Kabut Asap di Aceh Barat Mulai Menipis

Kabut Asap di Jalan Imam Bonjol, Kota Meulaboh, Senin 23 Oktober 2017

Foto | Wawan

ACEHTERKINI.COM | Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Aceh menemukan 4 titik panas di Kabupaten Aceh Barat.

Kasie Data dan Informasi BMKG Aceh, Zakaria mengatakan hasil pantauan Satelit Terra dan Aqua terdapat empat titik panas di Aceh Barat, pada Aleuhat (22/10/2017) pukul 14.10 wib.
Empat titik panas itu tersebar di Kecamatan Samatiga, Johan Pahlawan, Kaway XVI dan Kecamatan Arongan Lambalek.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh Barat (BPBD) T. Syahluna Polem mengatakan, kebakaran lahan di empat kecamatan itu seluas 4 hektar.

“Kebakaran lahan ini terjadi karena warga membuka lahan dengan cara membakar,” kata Syahluna Polem, Senin (23/10/2017).

Untuk pemadaman api, kata Kepala BPBD Aceh Barat sudah mengerahkan sejumlah armada kebakaran dan pemantauan udara dengan drone milik BPBD Aceh Barat.

“Kita sudah kerahkan petugas, bantuan mesin pompa air, dan melakukan koordinasi dengan lintas sektor. Sejumlah titik api sudah mulai padam setelah diturunkan tim dari Polres Aceh Barat, Kodim 0105 Aceh Barat,” kata Syahluna Polem.

“Saat ini kabut asap sudah mulai menipis, jarak pandang masih dalam keadaan normal,” tambah Syahluna Polem.

Sementara itu Wakil Bupati Aceh Barat, Banta Puteh Syam mengadakan konperensi pers, Senin (23/10/2017). Kepada wartawan, Banta Puteh Syam mengatakan, kabut asap yang melanda Aceh Barat beberapa hari ini bukan akibat kebakaran lahan gambut.

“Kabut asap ini muncul pagi hari, kemudian hilang. Saat ini kabut asap sudah mulai menipis. Sementara titik api di sejumlah titik juga sudah tertangani setelah BPBD Aceh Barat berkoordinasi dengan lintas sektor,” kata Wakil Bupati Aceh Barat. [Wawan]

To Top