Politik

KIP Abdya Imbau Partai Politik Segera Mendaftar

Plt Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya Musawir memberikan materi peran pemerintah dalam sosialisasi penyelenggaraan Pemilu 2019 di Blangpidie, Senin (9/10/2017)

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) meminta para pengurus Partai Politik (Parpol) baik lokal maupun nasional segera mendaftarkan sejumlah dukumen pendukung untuk menjadi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2019 mendatang.

Sejak KIP membuka pendaftaran pada tanggal 3 Oktober 2017 lalu, belum ada satu pun Parpol yang datang memasukkan berkas. Padahal KIP sudah menetapkan tahapannya dari tanggal 3-16 Oktober 2017 hingga pukul 00.00 wib. Jika dalam masa itu ada partai yang tidak mendaftar, KIP mempunyai hak prioritas untuk menutup masa pendaftaran.

“Jika ada partai yang belum mendaftar, akan sulit untuk diverifikasi faktual nantinya. Kita akan verifikasi bagi partai-partai yang mendaftar saja,” kata Plh. Ketua KIP Abdya Hasbi dalam acara Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 di Aula Arena Motel, Blangpidie, Senin (9/10/2017),

Acara sosialisasi ini memasang moto “Kerja Bersama Dalam Mensukseskan Pesta Demokrasi Tahun 2019 di Kabupaten Aceh Barat Daya”.

Hasbi mengaku kalau pihaknya tidak mengetahui penyebab pasti, kenapa sejumlah partai politik di Abdya belum mendaftar. “Kita juga merasa bingung, mengapa sejumlah partai itu belum mendaftar, padahal jadwalnya sudah ditetapkan,” tuturnya.

Untuk itu, Hasbi berharap agar dalam pelaksanaan Pemilu ke depan berjalan dengan aman dan sukses. “Mari sama-sama kita sukseskan Pemilu serentak tahun 2019 ke depan, agar kabupaten Abdya menjadi contoh untuk sejumlah daerah lainnya,” ujar Hasbi singkat.

Sementara itu, Kasubag Teknis KIP Abdya Agus Mudaksir SH menyebutkan, sosialisasi hari ini sudah diatur dalam Peraturan PKPU No. 7 tahun 2017 terkait pelaksanaan tahapan Pemilu.

“Saya berharap seluruh unsur pimpinan partai politik, segara memasukkan berkas dokumen ke Sekretariat KIP Abdya. Jangan sampai ketika waktu sudah sempit baru mengantarkan berkas,” pintanya dalam acara itu.

Dalam kesempatan itu juga, salah satu Komisioner KIP, Said Masykur SH menyampaikan tentang aturan yang menyangkut dengan pelaksanaan Pemilu 2019 ke depan. Dimana, sosialisasi hari ini adalah sambungan sosialisasi lanjutan beberapa waktu lalu di aula KIP Abdya.

“Pelaksanaan Pemilu harus didukung oleh semua unsur baik peserta, pelaksana dan pendukung agar pelaksanaan Pemilu berjalan dengan aman dan lancar,” harapnya.

Kata Masykur, KIP tidak akan melayani perwakilan Parpol yang tidak memiliki mandat dari Pimpinan Parpol. “Jadi jangan salahkan kami, apabila ada perwakilan Parpol yang tidak terlayani oleh petugas nantinya karena tidak terdaftar namanya di KIP Abdya,” sebutnya di hadapan sejumlah pengurus partai politik yang hadir dalam sosialisasi tersebut.

Selain itu, materi sosialisasi juga disampaikan oleh Plt. Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya, Musawir terkait mekanisme pengucuran anggaran untuk pelaksanaan Pemilu nantinya. Kemudian juga diutarakan oleh Wakapolres Abdya, Kompol Jadmiko SH terkait peran kepolisian dalam pengamanan pemilu 2019 mendatang. (Rizal)

Comments
To Top