Lingkungan

Keberadaan Perusahaan Tambang Batu Bara di Aceh Barat Dievaluasi

Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf

ACEHTERKINI.COM | Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf menegaskan akan mengevaluasi kembali perusahaan tambang batu bara yang beroperasi di Kabupaten Aceh Barat. Hal itu disampaikan Irwandi usai melantik Ramli MS sebagai Bupati Aceh Barat masa bakti 2017-2022 dalam Paripurna Istimewa DPRK setempat, Selasa (10/10/2017).

Irwandi mengatakan, perusahaan tambang di Aceh yang merusak lingkungan dan yang menyalahi Amdal akan kita evaluasi kembali.

“Aceh Barat dan Nagan Raya adalah daerah penghasil batu bara terbesar di Aceh, eksploitasi batu bara di daerah ini sudah berjalan hampir lima tahun, namun dalam prosesnya kerap diberitakan negatif,” ujar Irwandi Yusuf.

Semestinya kata Irwandi, perusahaan yang berinvestasi di Aceh bermanfaat untuk masyarakat, bukan malah membawa mudharat. “Kita tidak ingin masyarakat Aceh menderita akibat adanya pencemaran lingkungan,” harap Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf.

Irwandi memberikan contoh, batu bara yang di bawa ke luar Aceh dengan jalur laut. Kalau tongkangnya karam ini sangat berbahaya karena laut tercemar dan merugikan banyak orang. Kemudian tumpukan batu bara dalam waktu lama di kawasan pemukiman ini juga menjadi masalah, juga akan menimbulkan pencemaran dan membuat warga sekitar menderita.

“Hal-hal inilah yang akan kita evaluasi ke depan,” demikian Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf. [Wawan]

To Top