Lingkungan

Kebakaran Lahan di Aceh Barat Sulit Dipadamkan, Ini Kendalanya

Kepala BPBD Aceh Barat, Syahluna Polem

Foto | Wawan

ACEHTERKINI.COM | Kebakaran lahan yang melanda enam kecamatan di Kabupaten Aceh Barat ternyata sulit dipadamkan. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Syahluna Polem mengatakan salah satu kendalanya adalah tidak tersedia sumber air di lokasi kebakaran.

“Ada yang sudah 70 persen berhasil dipadamkan, tapi masalahnya di lapangan adalah sumber air yang terlalu jauh dari lokasi kebakaran,” ujar Syahluna Polem, Selasa (24/10/2017).

Ia menyebutkan masalah lain yang menjadi kendala adalah terbatasnya peralatan pemadaman dan tidak adanya akses jalan masuk ke lokasi kebakaran lahan.

“Cuaca panas saat ini juga menjadi kendala pemadaman yang dilakukan tim, namun pihaknya bersama anggota Kodim 0105 Aceh Barat, dibantu kepolisian dari Polres terus memadamkan api secara rutin. Sementara tim yang lain juga terus memonitoring di 2 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat,” demikian Syahluna Polem.

Syahluna Polem menambahkan hasil pantauan LAPAN pukul 19.35 wib tadi, disebutkan ada 32 titik api di Kabupaten Aceh Barat. Angka ini bertambah dari pantau Satelit Terra dan Aqua yang terdeteksi 15 titik api pada Senin (23/10/2017) hingga Selasa (24/10/2017) pagi tadi.

Pantauan LAPAN menyebutkan kebakaran lahan terjadi di lima kecamatan yaitu Kecamatan Arongan Lambalek, Samatiga, Johan Pahlawan, Woyla Barat, Kaway XVI dan Kecamatan Meureubo. [Wawan]

To Top