Sosial

Jelang Musda, KNPI Abdya Buka Pendaftaran Calon Ketua Baru

ACEHTERKINI.COM | Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD-KNPI) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) Ke-V yang direncanakan pada tanggal 21-22 Oktober 2017 di Blangpidie.

Setelah pelaksanaan Rapat Pimpinan Daerah (RAPIMDA) pada Minggu (8/10) lalu di Caffe Arena Motel, peserta RAPIMDA bersepakat bahwa pendaftaran bakal calon (Balon) Ketua KNPI Abdya akan dibuka mulai tanggal 16-18 Oktober 2017 di Kantor KNPI setempat, Jalan Ramli Sa’di, Desa Kuta Tuha, Kecamatan Blangpidie.

Ketua DPD KNPI Abdya Idris SHi, Selasa (10/10/2017) mengatakan, syarat untuk bakal calon Ketua KNPI sudah ditentukan yakni tidak menjabat dua periode sebagai Ketua KNPI. Kemudian, mendapat tiga rekomendasi tertulis dari pengurus KNPI kecamatan dan 6 rekomendasi tertulis dari Organisasi Kemasyakatan Pemuda (OKP) Nasional tingkat kabupaten.

Selanjutnya calon juga harus tamatan Sarjana (S-1) dan berusia maksimal 40 tahun, dalam pelaksanaannya calon ketua juga akan di tes uji mampu baca Al-Quran oleh Tim Uji Baca Al-Qur’an. Selanjutnya, calon juga harus tidak tercela, bebas narkoba yang dibuktikan dengan surat bebas narkoba dan tidak pernah berbuat hal-hal yang bertentangan dengan hukum (SKBD) dari pihak Kepolisian setempat.

Calon juga harus menerima Deklarasi Pemuda Indonesia, Pemufakatan Pemuda Indonesia, AD/ART KNPI dan peraturan organisasi lainnya.

Untuk calon Ketua KNPI ini, lanjut Idris, tidak dibatasi berapapun kandidatnya. Yang jelas harus memiliki keterdukungan tiga rekomendasi dari pengurus KNPI kecamatan dan 6 OKP Nasional di Abdya.

“Untuk bakal calon ketua, panitia tidak membatasi jumlahnya. Asalkan mereka mampu memenuhi syarat yang telah ditentukan berdasarkan hasil rapat beberapa waktu lalu,” sebutnya.

Untuk pelaksanaan Musda itu nanti, tambah Idris, hasil RAPIMDA menunjukkan Ivandi Akmal sebagai Ketua Panitia Pelaksana, Koordinator Steering Committee (SC), R Faizin Yusuf LC dan Bob Fakhrurazi sebagai Sekretaris SC.

“Bagi teman-teman, silahkan mendaftarkan diri untuk mempimpin KNPI di Abdya kedepan untuk masa periode 2017-2022. Sementara saya sendiri, sudah bertekat tidak mendaftar lagi untuk maju sebagai calon ketua,” demikian tutur Idris.

Meskipun proses pendaftaran untuk calon KNPI masih menunggu jadwal yang telah ditentukan, namun informasi sejumlah nama yang akan mencalonkan diri sebagai Ketua KNPI Abdya sudah mencuat ke permukaan. Diantaranya, ada sejumlah nama yang muncul seperti, Afzal SH, Bob Fakrurrazi SPdI, Saiful Azmi SPdI, Kasman SPdI dan Ivandi Akmal SPdI. (Rizal)

To Top