Hukum

Hakim Vonis Juragan 10 Bulan Tanpa Kurungan

Warga Pulo Ie, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya melakukan aksi di Kantor Pengadilan Negeri Meulaboh untuk mengawal proses persidangan Samsuardi, Kamis (12/10/2017)

Foto | Wawan

ACEHTERKINI.COM | Majelis Hakim Pengadilan Negeri Meulaboh menjatuhkan vonis bersalah terhadap Samsuardi alias juragan dalam kasus penyerobotan lahan warga di Pulo Ie, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya, Kamis (12/10/2017).

Majelis hakim yang diketuai Said Hasan, SH menyatakan terdakwa Samsuardi bersalah dalam kasus penyerobotan lahan dan dihukum selama 10 bulan tanpa kurungan dalam satu tahun percobaan.

Terdakwa diminta untuk mengembalikan hak-hak atas kepemilikan tanah masyarakat Pulo Ie yang telah diserobot.
Vonis ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut dua tahun enam bulan kurungan penjara yang disampaikan JPU pada 13 September 2017 lalu.

Pasca dibacakan putusan itu, Samsuardi mengatakan vonis majelis hakim sangat adil dan seperti yang diharapkan. “Saya menerima keputusan hakim, atau tidak melakukan upaya banding,” kata Samsuardi.

Sementara JPU menyatakan masih-masih pikir-pikir untuk mengajukan banding karena belum menerima berkas keputusan.

Pada sidang pembacaan putusan itu, sejumlah warga Pulo Ie, Kecamatan Kuala melakukan aksi di Kantor Pengadilan Negeri Meulaboh untuk mengawal proses persidangan Samsuardi. [Wawan]

To Top