Teknologi

ASUS ZenFone 4 Selfie, Smartphone dengan Swafoto Terbaik

ASUS ZenFone 4 Selfie dengan Swafoto Terbaik, Resolusi 20 Megapixel

ACEHTERKINI.COM | Smartphone khusus selfie masih akan terus dihadirkan ke pasaran Indonesia. ASUS kini memiliki kemampuan selfie yang mumpuni, dan menawarkan varian smartphone khusus swafoto yang harganya relatif terjangkau, yaitu ASUS ZenFone 4 Selfie.

Berbeda dengan varian terdahulu, ASUS ZenFone Selfie yang menjadi salah satu anggota ZenFone 4 series ini memilik dua buah kamera depan, dan resolusi yang sudah ditingkatkan yaitu 20 megapixel.

ZenFone 4 Selfie merupakan perangkat yang ideal untuk digunakan mengambil swafoto mandiri dan juga group atau wefie. Ia memiliki dua kamera di depan yang keduanya memiliki lensa khusus. Tujuannya adalah agar penguna bisa mendapatkan foto selfie terbaik untuk segala situasi, baik sendiri ataupun bersama dengan teman-teman.

Kedua kamera tersebut salah satunya adalah kamera depan resolusi tinggi, yakni 20 megapixel yang mampu memproduksi selfie dengan detail yang sangat baik. Kamera ini dipasangkan dengan sebuah kamera depan wide angle hingga 120 derajat yang sangat ideal untuk mengambil foto group selfie atau wefie dengan latar belakang pemandangan yang luas.

Desain dan Konfigurasi
ASUS ZenFone 4 Selfie menggunakan desain konstruksi aluminium alloy dengan bahan polycarbonate dengan metallic finish yang indah dengan elemen yang menambah cantik penampilan. Tak hanya itu, penggunaan material yang kuat juga membuatnya semakin nyaman dalam genggaman. Metode pembungkus jenis unibody membuat smartphone ini semakin tampak elegan.

Dari sisi body, ZenFone 4 Selfie ZD553KL diberi finishing permukaan yang diamplas menggunakan partikel berukuran 0,125 milimeter, serta sudut dan tepian yang membulat lembut. Material dengan penampilan premium ini tidak hanya membuat smartphone tampak cerdas, tetapi juga membuatnya punya daya tahan yang lebih baik.

Untuk menambah kenyamanan saat disentuh, layar depan ASUS ZenFone 4 Selfie ZD553KL juga menggunakan kontur yang disebut dengan 2.5D. Kontur yang membulat sangat halus ini menghasilkan teknik manufaktur yang sangat presisi. Sudut dengan kontur 2.5D itu, tak hanya membuat smartphone tampak lebih cantik, tetapi juga membantu layar kaca berpadu sempurna dengan diamond cut metallic chamfered edge dan menambah kenyamanan saat menggenggam unitnya.

Berhubung menggunakan desain unibody, ZenFone 4 Selfie tidak dapat dibongkar pasang casingnya. Untuk itu, di sebelah kiri body tersedia Micro SD dan SIM card tray. Pengguna dapat memasang dua buah SIM card (nano SIM card) dan satu buah MicroSD sekaligus ke dalamnya untuk menambah kapasitas penyimpanan data.

Empat Pilihan Warna Cantik
ASUS ZenFone 4 Selfie yang body-nya didesain dengan metallic finish hadir dalam empat pilihan warna yang cantik untuk disesuaikan dengan kepribadian penggunanya. Pilihan warna yang akan disediakan antara lain adalah Rose Pink, Mint Green, Sunlight Gold dan Deepsea Black.

Pengamanan Biometrik dengan Sensor Sidik Jari
ZenFone 4 series, termasuk ZenFone 4 Selfie adalah penempatan fingerprint sensor yang tepat berada di tengah bagian depan bawah layar.

Tombol tersebut berfungsi ganda sebagai tombol home dan memiliki kecepatan unlock yang sangat tinggi, mencapai 0,03 detik. Tak hanya itu, tombol tersebut juga bisa menjadi fitur otentikasi untuk menjalankan aplikasi lain.

Sensor ini mampu mendeteksi lima jari yang terdaftar dan bisa mendeteksinya dengan baik meskipun jari tersebut menempel di sensor dari arah yang bermacam-macam.

Dengan demikian, kalau suatu saat penggunanya lupa di mana meletakkan ZenFone 4 Selfie-nya, data-data pribadi di dalam smartphone tersebut tetap aman. Sensor fingerprint tersebut juga bisa dikonfigurasikan untuk menjawab telepon atau memanggil kontak tertentu, hanya dengan sentuhan jari.

Triple Slot
Pada ASUS ZenFone 4 Selfie, pengguna tidak perlu mengorbankan salah satu kartu SIM untuk mendapatkan tambahan kapasitas penyimpanan via kartu MicroSD karena SIM tray pada smartphone ini bertipe triple slot. Tidak seperti sebelumnya, atau pada smartphone lain pada umumnya yang bertipe hybrid.

Kedua slot SIM card milik smartphone ini juga mendukung koneksi 4G dengan kecepatan download hingga 150Mbps. Adapun untuk MicroSD, kartu yang didukung oleh slot tersebut adalah SDXC hingga berkapasitas 2TB, kapasitas terbesar saat ini untuk sebuah kartu MicroSD.

Dua Kamera Depan untuk Selfie Terbaik
Sama seperti model ZenFone 4 lainnya, ZenFone 4 Selfie punya dua kamera di salah satu sisinya. Menurut ASUS, setup ini serupa dengan cara para fotografer profesional menggunakan lensa fixed focal length yang berbeda pada kamera DSLR mereka untuk mendapatkan hasil foto berkualitas terbaik dan sekaligus memungkinkan mereka memproduksi foto dengan perspektif yang berbeda.

Bedanya, dengan seri ZenFone 4 lainnya, ZenFone 4 Selfie memiliki dua kamera yang menghadap ke depan, sehingga ia bisa memotret selfie dengan sempurna, ataupun memotret group potrait photo (wefie).

Kamera Utama Resolusi Tinggi 20MP
Kamera selfie utama pada ASUS ZenFone 4 Selfie memiliki fitur unggulan di resolusi yang sangat tinggi yakni 20 megapixel. Hadirnya kamera dengan resolusi tinggi tersebut memungkinkan pengguna untuk mengambil foto selfie dengan detail yang sangat tinggi. Selain lebih tajam, kamera resolusi tinggi ini juga sangat baik saat digunakan untuk memotret selfie di kondisi pencahayaan yang kurang.

Dari sisi aspek teknis, kamera depan utama tersebut (posisi berada di kanan atas smartphone) menggunakan sensor dari Omnivision 20880 yang memiliki ukuran pixel sebesar 1.0 micron dengan Aperture f/2.0. Ia punya focal length 31mm dan untuk memotret, ia menangkap objek dalam sudut pandang hingga 69 derajat.

Dibandingkan dengan kamera depan smartphone pada umumnya, yang memiliki resolusi rata-rata 8 megapixel (3264×2448), kamera depan utama resolusi 20 megapixel (5140 x 3860) milik ZenFone 4 Selfie mampu memproduksi foto yang tampak lebih tajam dan detail, terutama pada saat ditampilkan di perangkat beresolusi tinggi seperti monitor atau televisi, atau saat dicetak pada photo paper misalnya berukuran A3.

Untuk menemani kamera utama, ASUS menempatkan sebuah kamera wide pada ZenFone 4 Selfie. Kamera dengan sudut pandang luas, hingga 120o tersebut memungkinkan pengguna mengambil foto dan juga video secara lebih lebar sehingga lebih banyak konten bisa masuk ke dalam frame. Lebih banyak teman bisa difoto sekaligus, dan lebih banyak pemandangan bisa ditangkap di latar belakang saat mengambil foto wefie tanpa membutuhkan bantuan tongsis.

Modus Pemotretan yang Lengkap
Saat memotret, baik menggunakan kamera depan ataupun kamera belakang, ZenFone 4 Selfie Pro menyediakan banyak pilihan modus yang bisa digunakan. Banyaknya opsi ini ditujukan agar pengguna lebih mudah mengambil foto ideal untuk berbagai skenario. Secara lengkap, berikut ini modus pemotretan yang tersedia pada ASUS ZenFone 4 Selfie.

Optimalisasi Foto Selfie
Filter Selfie Artistik. Pada ZenFone 4 Selfie series, ASUS memungkinkan setiap foto selfie di-tweak lebih lanjut dengan menggunakan delapan buah filter bagaikan milik Instagram. Filter-filter tersebut adalah Greyscale, Warm, Hipster, Retro, Faded, Nostalgic, Vibrant dan Blus. Cara pemakaiannya gampang. Pengguna cukup menggeser ke kiri tampilan di layar dan ini bisa berfungsi pada kamera depan utama ataupun wide.

Softlight Flash. Untuk selfie yang lebih baik saat kondisi pencahayaan kurang, ZenFone 4 Selfi menyediakan sebuah softlight flash yang akan menerangi secara lembut wajah pengguna dengan memaparkan sinar dalam jumlah yang pas.

Berbeda dengan flash konvensional yang sangat bertenaga, yang cenderung memberikan efek over exposure pada wajah pengguna, softlight flash ini dapat memperlembut tekstur kulit wajah dan menghasilkan tone atau warna kulit yang tepat.

Aplikasi Selfie Master
Untuk memberikan lebih banyak peluang kreativitas dan fleksibilitas saat menggunakan kamera depannya, ASUS ZenFone 4 Selfie hadir dengan aplikasi Selfie Master yang merupakan kompulan dari beberapa fitur yang sangat bermanfaat. Antara lain:

Photo dan Video Beautification – Ini merupakan versi sederhana dari Beauty mode pada antarmuka kamera selfi utama yang hanya menyediakan 10 level pemutih dan pemerhalus kulit. Hasilnya dapat dilihat secara real-time sebelum foto atau video selfie diambi.

BeautyLive – Fitur ini memungkinkan pengguna mengatur opsi beautification sampai 10 level, sebelum disiarkan langsung ke Facebook, Instagram, YouTube dan platform media social video popular lainnya.

Photo Collage – Menggunaan fitur ini, kita bisa membuat album foto memanfaatkan template-template yang ada sehingga melihat kembali koleksi foto-foto menjadi lebih menyenangkan.

Slideshow – Dengan fitur ini, pengguna bisa langsung membuat film pendek dari foto-foto dan juga video yang sudah mereka rekam di smartphone kesayangannya.

Kamera Belakang 16MP
Selain dua buah kamera depan yang tersedia bagi pengguna untuk melakukan foto-foto selfie ataupun merekam video selfie, ZenFone 4 Selfie juga menyediakan sebuah kamera belakang yang cukup mumpuni.

Ia memiliki resolusi yang sudah cukup tinggi yakni 16MP, mendukung sistem phase detection auto focus (PDAF), perekaman video hingga resolusi Full HD (1920×1080) dan juga bisa menerangi objek dengan baik, dengan RealTone LED flash.

Phase Detection Autofocus (PDAF)
PDAF adalah teknologi autofocus yang paling canggih. Ia membandingkan sinar cahaya yang tiba di sensor pada berbagai sudut untuk menghitung titik fokus dengan sangat cepat. Kecepatan focus yang sangat cepat, hanya dalam waktu 0,03 detik.

6 Direction / 3 Axis EIS (Electronic Image Stabilization) untuk Full HD video-shooting. Perekaman Full HD video akan secara otomatis distabilisasikan secara elektronik menggunakan 3 sumbu. Roll, pitch dan yaw. Video Full HD stabil dan bebas guncangan. Ideal untuk diputar kembali di layar computer ataupun TV flat screen.

LED RealTone Flash
Sama seperti kamera depan, Softlight LED flash di kamera belakang juga menggunakan LED Realtone Flash yang memancarkan cahaya lembut ke arah objek. Jika objeknya adalah manusia, maka pancaran sinar tersebut akan memperhalus tekstur kulit. Foto-foto yang memiliki pencahayaan baik dan natural dalam kondisi pencahayaan minim.

Berikut ini contoh perbandingan hasil kamera ASUS Zenfone 4 Selfie dengan smartphone lain yang tersedia di pasaran Indonesia.

Selfie Standar
Skenario ini diambil menggunakan kamera depan pada masing-masing smartphone. Setting yang digunakan adalah auto dan diambil di dalam ruangan dengan kondisi pencahayaan yang cukup minim.

Flash Selfie
Sama dengan diatas, skenario foto ini diambil menggunakan kamera depan pada masing masing smartphone dengan pengaturan auto. Perbedaannya, foto dijempret dengan flash.

Wide Selfie
Skenario ini diambil menggunakan mode wide angle pada masing-masing kamera dengan setting auto.
Kamera depan low light

Skenario ini diambil menggunakan mode auto dengan kamera depan Pencahayaan dibuat sangat minim dan gelap.
Kamera depan low light dengan flash

Skenario ini diambil menggunakan mode auto dengan kamera depan. Pencahayaan dibuat sangat minim dan gelap. Perbedaanya, foto-foto diambil dengan flash untuk memperjelas objek.

Zen UI 4.0, Lebih Simpel Lebih Rapi
ASUS akhirnya menghadirkan tampilan yang lebih fresh pada antarmuka terbarunya yang dinamakan ZenUI 4.0 ini. Menurut kami, ketika membandingkannya dengan UI sebelumnya alias versi 3.0, ZenUI 4.0 benar-benar terasa bersih dan menyenangkan.

Jika dibandingkan dengan sebelumnya, ASUS telah menyingkirkan 29 aplikasi yang sangat jarang dimanfaatkan oleh penggunanya. Tujuannya agar semakin banyak ruang yang tersisa dari kapasitas internal storage yang bisa dipakai secara maksimal oleh pemiliknya. Dari sisi desain, icon-icon dan wallpaer pada Zen UI 4.0 juga lebih segar.
Berikut adalah beberapa poin penting yang dihadirkan dari User Interface terbaru ini.

Galeri Pintar
Pada ZenUI terbaru, ASUS menghadirkan teknologi AI (articial intelegence) berupa facial recognition pada Galeri-nya. Ketika misalnya Anda membuat grup (folder) yang terdiri dari teman-teman atau keluarga, nantinya aplikasi Galeri mampu mengelompokan foto-foto yang pernah terdeteksi sebagai famili atau teman itu ke dalam grup khusus yang telah dibuat oleh pengguna sebelumnya.

Page Marker untuk browser Chrome
Anda pasti pernah sesekali ingin menyimpan artikel bagus yang pernah dibaca agar bisa dilihat ulang atau dibaca kembali bukan? Nah salah satu fitur yang terdapat pada ZenUI 4 bisa mempermudah hal tersebut. Fitur itu bernama Page Marker.

Pager Marker dapat digunakan ketika Anda menggunakan peramban miliki Google yakni Chrome Browser. Ketika sedang berselancar di dunia maya dan menemukan tulisan bagus, pengguna bisa menandainya melalui Page Marker, dan bahkan membukanya dari device, seperti laptop, PC atau tablet, asalkan telah menginstal Chrome dan mensinkronisasinya.

Safeguard SOS
Safeguard SOS adalah fitur yang sangat berguna manakala pengguna sedang dalam keadaan yang tidak baik atau situasi darurat. Ketika Anda mengaktifkan fitur ini, Anda bisa menggunakan fitur SOS Call. Cukup hanya menekan tombol power tiga kali nantinya smartphone akan secara otomatis menghubungi telefon emergency seperti kepolisian dan sebagainya. Kemudian fitur satunya lagi akan mengirimkan pesan berupa lokasi Anda kepada teman yang telah Anda tentukan.

Performa Hardware
Sebelum membahas lebih lanjut, kita bahas sedikit spesifikasi teknis utama dari ASUS ZenFone 4 Selfie ZD553KL. Smartphone ini memiliki jeroan mesin antara lain, CPU Qualcomm Snapdrgon 430 octa-core up to 1.4GHz (8x ARM Cortex A53), GPU Qualcomm Adreno 505, RAM 4GB, storage 64GB, layar resolusi HD, sistem operasi Android 7.1.1 yang dilapisi oleh user interface atau sistem antarmuka ZenUI 4.0.

Untuk mengukur sejauh mana performa yang ditawarkan, kami melakukan pengujian menggunakan aplikasi standar yang sangat umum digunakan yakni AnTuTu, Geekbench, 3D Mark dan NenaMark. Kurang afdol rasanya jika kita tidak mencoba memainkan beberapa game di smartphone ini. Untuk itu, kami mencoba memainkan game-game casual seperti Dungeon Boss, SimCity dan Arena of Valor.

Tak lupa, kami juga coba melakukan olah grafis, yakni mengedit foto dengan aplikasi Snapseed serta mengedit video dengan FilmoraGo. Seperti apa performanya? Berikut ini hasil uji yang kami dapat:

Dari sisi kinerja, hasil benchmark menunjukkan bahwa performa smartphone ASUS ZenFone 4 Selfie ZD553KL cukup baik untuk menjalankan aplikasi terkini, grafis dan game. Lewat apliasi PC Mark for Android, hasil uji untuk web browsing dan photo editing cukup lumayan. Aplikasi GeekBench juga menunjukkan bahwa kemampuan prosesornya saat bekerja, baik dalam modus single-core ataupun multi-core mencukupi.

Dari sisi grafis, menggunakan aplikasi 3D Mark, Zenfone 4 Selfie juga masih layak digunakan untuk bermain game 3D. Untuk mengolah game-game 3D ringan, ia bisa menyediakan hingga 54,8 frame per detik ke layar yang relatif lumayan. Untuk aplikasi 3D agak berat, ia masih mampu menayangkan hingga 33,8 frame per second. Tetapi ini tentunya pengujian statik. Di bawah ini kita juga mencoba memainkan beberapa game populer di atas pada ZenFone 4 Selfie.

Menggunakan aplikasi PC Mark, kami juga melakukan pengujian baterai. Hasilnya, ternyata baterai ZenFone 4 Selfie mampu memasok daya hingga 10 jam 3 menit untuk menjalankan aplikasi multitasking secara intensif. Lalu, bagaimana performanya saat benar-benar digunakan untuk bermain game 3D?

Dungeon Boss, game dengan genre Action RPG dapat dimainkan tanpa masalah, karena game title yang satu ini merupakan game dengan grafis 3D ringan.

SimCity sendiri merupakan game simulasi, city-building yang relatif ringan namun dengan grafis yang oke. Untuk game ini, ZenFone 4 Selfie juga dapat menjalankannya tanpa masalah.

Arena of Valor merupakan game multiplayer online battle arena (MOBA) yang sedang kekinian. Bermain game ini, dengan resolusi HD dapat dilakukan dengan lancar. Jika terjadi lag, mungkin bisa diturunkan setting-nya menjadi ke opsi menengah. Di opsi ini, game dapat dijalankan dengan mulus.

Secara keseluruhan, game-game di atas dapat dimainkan dengan lancar. Berpindah antar game pun dapat dilakukan dengan mulis. Kecuali mungkin saat beralih menuju ke game Arena of Valor yang grafisnya cukup intensif.

Mengedit video hasil rekaman kamera ZenFone 4 Selfie langsung di perangkatnya menggunakan aplikasi FilmoraGo juga tidak ada masalah.

Pada percobaan, kami merekam video dan menggabungkannya menjadi sebuah video dengan durasi 57 detik untuk ditayangkan di Instagram dapat dilakukan dengan lancar. Menambahkan efek, animasi, filter, audio dan lain-lain pun sangat responsif. Selesai mengedit, proses rendering video resolusi HD tersebut pun dapat dituntaskan dalam waktu sekitar 58 detik saja. Relatif cepat.

Kesimpulannya, smartphone khusus selfie ZenFone 4 Selfie ini merupakan perangkat yang sangat bersaing di kelasnya. Performanya tidak ada masalah. Memotret dengan kamera belakang, memotret selfie, sampai memotret wefie, hasilnya memuaskan. Bahkan saat diminta untuk mengolah video yang direkam oleh kameranya pun, smartphone ini dapat melakukannya dengan lancar. [ADV]

Spesifikasi

Comments
To Top