Lingkungan

Antisipasi Kebakaran Lahan di Babahrot, BPBK Abdya Siagakan Damkar

Kebakaran Lahan di Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat

Dokumentasi Aceh Terkini

ACEHTERKINI.COM | Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Barat Daya (Abdya) menyiagakan sejumlah mobil pemadam kebakaran (Damkar) untuk mengantisipasi makin meluasnya kebakaran lahan gambut dan perkebunan milik warga di kawasan Kecamatan Babahrot.

Kepala BPBK Abdya, Amiruddin kepada wartawan, Rabu (25/10/2017) mengatakan, terdapat dua lokasi lahan warga yang terbakar di Kecamatan Babahrot. Masing-masing lahan di kawasan Desa Rukon Damee dan kawasan Dusun Sejahtera, Desa Ie Mirah, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Abdya.

“Kami siagakan sejumlah Damkar, agar api tidak meluas. Namun ada satu titik yang sulit dijangkau karena akses jalan tidak ada, tapi kita terus berupaya masuk memadamkan api,” kata Amiruddin.

Damkar yang dikerahkan untuk memadamkan api, hanya sampai di jalan lingkar kawasan Jalan tiga puluh. Sementara titik kebakaran api berada pada jarak 800 meter lebih dari akses jalan.

“Agar tidak merembes ke pemukiman warga setempat, kita menjaga lokasi itu. Semoga saja turun hujan dapat membantu pemadaman,” ungkapnya.

Kebakaran lahan tersebut diketahui sejak Sabtu (21/10/2017) kemarin. Ditambah kondisi cuaca di Abdya sedang musim panas, maka api dengan mudah melalap lahan gambut dan perkebunan warga yang umumnya berisi tanaman sawit.

“Di lokasi telah disiagakan tim terpadu termasuk Damkar sebagai alat pendukung pemadaman api,” sebutnya.

Di beberapa titik kobaran api masih menyala, khususnya lokasi yang tidak mampu dijangkau oleh Damkar. “Kawasan yang sulit dipadamkan itu bisa ditanggulangi dengan heli bom air dari BNPB atau menunggu turunnya hujan,” kata Amir.

Sejauh ini, Amir belum bisa memastikan berapa luas lahan yang telah terbakar. Pastinya, kerugian yang ditimbulkan dari musibah kebakaran itu sangat besar, sebab tidak sedikit areal perkebunan warga yang hangus dilalap api.

Untuk itu, masyarakat diharapkan harus lebih proaktif dalam upaya menghindari musibah kebakaran ini. Jangan sekali melakukan pembakaran lahan yang akan membuat kerugian besar. “Kita berharap masyarakat bisa mengerti akan hal itu,” demikian tuturnya. (Rizal)

To Top