Ekonomi

​Potensi Hidro Power di Aceh Tenggara akan “Dijual”

ACEHTERKINI.COM | Potensi hidro power di Kabupaten Aceh Tenggara  akan “dijual” kepada investor luar negeri.  Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf mengatakan, energi listrik bisa dikembangkan di sungai alas. 

“Ada 266 Megawatt energi listrik di sungai alas,” kata Irwandi saat melantik Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tenggara periode 2017-2022, Raidin Pinim dan Bukhari, Senin (02/10/2017).

“Saya yakin dalam kepemimpinan saudara akan lahir Pembangkit Listrik Tenaga Air di sini,” kata Irwandi berharap. 

Selain itu, Irwandi mengajak seluruh masyarakat Aceh Tenggara untuk aktif menjaga lingkungan. Hal itu karena kabupaten yang terkenal dengan Taman Nasional Gunung Leuser ini rawan akan bencana longsor dan banjir bandang.

“Mari kita lebih aktif menjaga lingkungan. Tidak kalah penting cegah perubahan hutan lindung sehingga kerusakan TNGL dapat diatasi,” kata Irwandi

Irwandi menyebutkan, dirinya kini begitu giat mencari investor ke berbagai negara agar mereka mau berinvestasi di Aceh.

Berbagai cara dilakukan Irwandi. Misalnya dengan menggagas event internasional. Hal itu untuk menyadarkan semua pihak bahwa Aceh adalah daerah yang aman untuk berinvestasi.

“Kalau ada ide, misal arung jeram internasional atau ekspedisi Lauser, kita akan buat di Aceh Tenggara,” kata Irwandi.

Beberapa investor memang telah berkomitmen untuk berinvestasi di Aceh. Salah satu investasi di bidang energi. Hal itu karena Aceh masih kekurangan energi dan masih bergantung pada Sumatera Utara.  [Ril]

Comments
To Top