Layanan Publik

YARA Minta Seluruh Desa di Abdya Diaudit

Ketua YARA Perwakilan Abdya, Miswar SH

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Aceh Barat Daya (Abdya) meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Abdya melalui instansi terkait dalam hal ini Inspektorat agar mengaudit seluruh penggunaan dana desa yang ada di kabupaten setempat.

Selama ini, Inspektorat Abdya hanya melakukan audit kelapangan apabila mendapatkan laporan dari desa tertentu saja. Padahal, seluruh desa di kabupaten setempat juga mengelola dana yang serupa.

“Harusnya, seluruh gampong yang mengelola dana desa perlu diaudit juga. Bukan membidik pada gampong tertentu saja,” kata Ketua YARA Perwakilan Abdya, Miswar SH yang dihubungi wartawan, Jum’at (22/9/2017).

Menurut Miswar, Inspektorat harus jeli dalam menjalankan perannya. Bukan hanya menunggu perintah dari atasan, namun harus lebih di depan untuk memantau proses pelaksanaan dana desa yang jumlahnya rata-rata di atas satu miliar lebih per desa.

Kemudian, Inspektorat juga harus lebih bijak dalam menyikapi setiap persoalan atau temuan yang ada di desa tersebut. Maksudnya, fakta temuan dilapangan harus jelas bukan diboncengi dengan maksud tertentu atau ada giringan pihak lain.

“Kita berharap tim auditor dilapangan bekerja sesuai tupoksinya, bukan ada kepentingan lain didalamnya. Jadi, berikanlah laporan sesuai dengan fakta tidak memihak tapi benar-benar dengan data yang ril,” tutur Miswar.

Untuk itu, Miswar juga berharap kepada Pemkab Abdya untuk segera memberikan perintah agar mengaudit seluruh dana desa yang ada di Abdya. Disamping itu, tenaga auditor Inspektorat juga harus ditambah agar dalam perlaksanaannya akan lebih maksimal.

“Kita berharap, Bupati saat ini harus berbada dengan pemerintah masa lalu. Jangan menunggu laporan baru bertindak, tapi harus lebih cepat satu langkah kedepan,” demikian Miswar.

Terkait hal itu, Sekda Abdya, Drs. Thamren mengatakan, Inspektorat juga melakukan audit rutin disamping melakukan audit khusus. Karena keterbatasan anggaran dan juga tim auditor, maka audit rutin itu hanya diambil beberapa desa saja.

Meskipun begitu, dalam setiap tahunnya Pemkab Abdya terus meningkatkan kinerja auditor di Inspektorat setempat, termasuk dengan manambah anggaran dan juga akan merekrut tenaga auditor lainnya.

“Selama ini tim auditor kita berkurang, jadi kedepan perlu kita tambah lagi. Karena, tugas auditor bukan hanya mengaudit dana desa saja, tapi juga sejumlah SKPK lainnya,” tutur Sekda Thamren.

Disamping itu, menganai adanya indikasi temuan di sejumlah desa. kata Thamren, itu berdasarkan hasil laporan dari masyarakat juga akibat terjadinya insiden dalam desa itu sendiri.

“Jika ada laporan dan insiden, itu namanya audit khusus. Tim auditor akan turun kelapangan untuk memastikan laporan tersebut yang nanti akan dipelajari kembali untuk ditindaklanjuti,” tuturnya singkat. (Rizal)

To Top