Lingkungan

Waspada Banjir, Aceh Mulai Masuk Musim Hujan

Gambar Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Aceh mengimbau masyarakat waspada terhadap kemungkinan terjadinya banjir. Akhir September atau awal Oktober 2017, Aceh sudah memasuki musim hujan.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Aceh, Zakaria, Senin (25/9/2017) menyampaikan hujan secara menyeluruh berpotensi terjadi di seluruh kabupaten kota di Aceh. BMKG mengimbau warga agar tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana banjir.

Untuk daerah yang rawan banjir, BMKG meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti membersihkan selokan atau parit-parit dan bila memungkinkan untuk menambah parit-parit baru di daerah yang rawan banjir.

Kepada pemerintah dan pelayanan kesehatan juga diingatkan untuk menormalisasi saluran pembuangan dan menjaga persediaan obat-obatan. “Musim hujan banyak masyarakat yang sakit, terutama anak-anak,” kata Zakaria dalam keterangannya.

Sementara itu untuk 2 atau 3 hari kedepan, BMKG Aceh mencatat kecepatan angin antara 20-60 kilometer per jam berpotensi terjadi di Pulau Aceh, Sabang, Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar bagian pesisir. [Firman]

To Top