Peristiwa

Warga Datar Luas Temukan Kerangka Manusia Diduga Korban Tsunami

Tim Melakukan Penggalian Kerangka Manusia yang Diduga Korban Tsunami di Desa Datar Luas, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Jumat 8 September 2017.

Foto | Arif

ACEHTERKINI.COM | Bustami (37) warga Desa Datar Luar, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya menemukan kerangka manusia yang diduga korban tsunami 2004 silam.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBK Aceh Jaya, Ismail kepada acehterkini mengatakan, kerangka manusia itu ditemukan di sawah milik Bustami, tepatnya tidak jauh dari Kantor Camat Krueng Sabee pada Selasa (5/9/2017). “Bustami baru melaporkan penemuan kerangka itu ke aparatur desa setempat hari ini, Jumat (8/9/2017),” kata Ismail.

“Setelah mendapat laporan, usai Shalat Jumat, aparatur desa bersama BPKK, tim PMI, tim Bulan Sabut Aceh, pihak kepolisian, TNI, pihak Puskesmas dan unsur Muspika setempat melakukan penggalian di areal sawah tersebut, hasilnya ditemukan tempurung tengkorak, tulang paha dan tulang betis. Disekitarnya juga ditemukan baju-baju, handuk, kain gorden dan sandal,” ujar Ismail.

Tim Melakukan Penggalian Kerangka Manusia yang Diduga Korban Tsunami di Desa Datar Luas, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Jumat 8 September 2017. [Foto | Arif]

Masih dikatakan Ismail, kerangka manusia yang diduga korban tsunami ini tidak bisa diidentifikasi lagi jenis kelaminnya laki-laki atau perempuan. Sehingga kerangka tersebut di bawa ke meunasah Gampong Datar Luas untuk dibersihkan, dan dikuburkan secara Islami di kuburan gampong setempat, Jumat sore.

Bustami yang sehari-hari berkerja sebagai petani awalnya sedang menggarap sawah dengan menggunakan cangkul. Kemudian ia melihat ada kain dan pakaian, lalu ada terlihat seperti kerangka manusia. Lalu Bustami menguburkan lagi kerangka manusia tersebut pada Rabu (5/9/2017).

Kemudian pada Jumat, 8 Septemer 2017, Bustami melaporkan penemuannya itu ke Kepala Dusun Makmur Jaya, Desa Datar Luas. Kepala Dusun meneruskan laporan tersebut ke pihak Puskesmas Krueng Sabee di Desa Paya Seumantok.

Setelah Shalat Jumat, tim melakukan penggalian dan menemukan kerangka manusia yang diduga korban tsunami. Kerangka tersebut dipulangkan ke desa setempat.

Selama periode Januari – September 2017 sudah dua kerangka manusia yang diduga korban tsunami ditemukan oleh warga Aceh Jaya.

Sebelumnya petani Desa Blang Dalam, Kecamatan Darul Hikmah menemukan kerangka manusia anggota BKO Brimob diduga korban tsunami pada Kamis 20 Juli 2017.

Kerangka manusia anggota BKO Brimob bernama Jumardi yang beralamat di Cimanggis, Kota Depok itu ditemukan saat Muhammad Taufik, petani Desa Blang Dalam menggarap sawahnya di Desa Blang Dalam atau di kawasan Patek, Aceh Jaya.

Berita Terkait: Petani Temukan Jasad BKO Brimob Diduga Korban Tsunami

Selain kerangka manusia, Muhammad Taufik juga menemukan Kartu Tanda Anggota Polri dengan lambang Tribrata yang masih terlihat jelas. [Arif]

To Top