Sosial

Wakil Walikota dan Ketua MPU Turun ke Jalan Aksi Bela Rohingya

Ratusan masyarakat Kota Subulussalam menggelar aksi solidaritas peduli etnis Rohingya, Myanmar, di halaman Masjid Assilmi, Simpang Kiri, Jumat (8/9/2017)

Foto | Alim

ACEHTERKINI.COM | Ratusan masyarakat Kota Subulussalam menggelar aksi solidaritas peduli etnis Rohingya, Myanmar, di halaman Masjid Assilmi, Simpang Kiri, Jumat (8/9/2017).

Dalam kerumunan masa itu, terlihat Wakil Walikota Subulussalam, Drs. Salmaza juga ikut ambil bagian dan menyampaikan orasinya ditengah ratusan masa. Tak hanya Salmaza, Ketua MPU setempat, Ust Al Mansyuriah juga tak mau ketinggalan. Kedua tokoh ini juga ikut long march mulai dari Masjid Assilmi menuju Tugu simpang tiga yang jarak jauhnya 1 kilometer.

Selain Salmaza dan Al Mansyuriah, disana juga terlihat, anggota MPU Aceh asal Subulussalam, Ust. Qaharuddin Kombih, Ketua Nahdhatul Ulama, Tgk Maksum Ls, Mantan Wakil Walikota, H. Affan Alfian Bintang, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, H. Anasri, MT.

Dalam orasi Salmaza, ia mengutuk dan mengecam operasi militer Myanmar terhadap etnis Rohingya. Menurut Salmaza, pembantaian yang dilakukan militer Myanmar terhadap anak kecil dan perempuan Rohingya merupakan perbuatan keji. Salmaza juga menghimbau kepada masyarakat Kota Subulussalam untuk membantu etnis Rohingya dengan donasi dan mengirimkan doa.

“Perbuatan militer Myanmar terhadap muslim etnis rohingya itu merupakan kejahatan yang tidak bisa dimaafkan. Saya menghimbau agar kita selalu mendoakan saudara kita rohingya di Myanmar,” teriak Salmaza.

Koordinator aksi, Edi Sahputra Bako menyampaikan bahwa sebelum turun ke jalan, ratusan masa itu menggelar shalat gaib usai melaksanakan shalat Jumat di Masjid Assilmi.

Shalat gaib itu langsung dipimpin anggota MPU Aceh, Ust. Qaharuddn Kombih. Menurut Edi, selain aksi pihaknya juga melakukan aksi penggalangan dana dan nantinya akan disalurkan kepada etnis rohingya.

“Kita juga melakukan aksi penggalangan dana untuk saudara kita rohingya di Myanmar,” kata Edi [Alim].

To Top