Sosial

Wakil Bupati Abdya Resmikan Gampong KB Perdana

Wakil Bupati Abdya Muslizar MT didampingi Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Puji Hartono dan unsur terkait lainnya meresmikan Gampong KB di Desa Keude Baro, Kuala Batee, Senin (18/9).

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Muslizar MT meresmikan Kampung Keluarga Berencana (KB) Madani Kencana di Desa Keude Baro, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Abdya, Senin (18/9/2017).

Dalam peresmian itu turut dihadiri Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Puji Hartono SIP, mewakili BkkbN Aceh Drs Saflawi TR MM, Plt. Asisten Pemerintahan Setdakab Musyawir, para Kepala SKPK, unsur Muspika setempat, para Keuchik (Kepala Desa) dan sejumlah tamu undangan lainnya serta warga setempat.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Muslizar menyampaikan, pemerintah pusat sejak awal sudah mencanangkan program Gampong KB ini. Sementara, Gampong Keude Baro, Kecamatan Kuala Batee menjadi pilot project sebagai Gampong KB pertama di Abdya. Dimana, Gampong KB itu sendiri bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk.

Menurut Muslizar, Abdya termasuk daerah yang sukses dalam menjalankan program KB. Buktinya, sebanyak lima Sekolah Dasar (SD) ditutup karena tidak ada murid pada tahun 2015 lalu.

“Program ini bukan bermaksud menghentikan keturunan, namun untuk menata agar lebih disiplin serta terkendali pertumbuhan penduduk dapat terkontrol dengan baik,” ungkapnya.

Kata Muslizar, memperbanyak keturunan bukan tidak boleh, namun mengatur angka kelahiran untuk bagaimana hidup lebih baik dan sejahtera itu penting. Nantinya akan dikembangkan program kependudukan dan kesehatan yang dilaksanakan oleh Pemkab Abdya bekerja sama dengan TNI untuk Gampong KB ini.

“Harapan kami, dukungan dan partisipasi penuh dari masyarakat setempat sangat dibutuhkan, agar pencanangan program ini bisa berjalan sebagaimana yang kita harapkan bersama,” tuturnya.

Disamping itu, Muslizar juga memastikan akan mendukung program tersebut dengan membentuk Bina Keluarga Balita, Remaja, dan Lansia yang diberikan subsidi santuanan untuk orang tua uzur dan cacat permanen seumur hidup.

“Kepada instansi terkait kami meminta untuk mendukung program ini bukan hanya sekedar pencanangan belaka. Intinya, membangun Abdya kedepan harus dengan fungsi dan tugas masing-masing. Jadi semua kita punya tanggung jawab,” demikian ujarnya.

Secara singkat, Saflawi mewakili BkkbN Aceh mengatakan, pada tanggal 14 Januari 2015 lalu, Presiden RI Joko Widodo telah mencanangkan kampung KB pertama dan Tahun 2016 sudah dibentuk Kampung KB untuk Provinsi Aceh juga dalam tahun 2017 setiap Kecamatan di Abdya akan memiliki Gampong KB.

Program ini diharapkan sebagai pengatur dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga proses percepatan pembangunan lebih terarah. “Kita berharap Gampong Keude Baro lebih cepat berkembang dalam upaya menciptakan keluarga yang berkualitas.

“Kampung KB Madani Kencana ini bukan hanya digerakkan oleh BkkbN saja, akan tetapi semua lintas sektor terlibat dalam mendukung Kampung KB ini,” singkatnya. [Rizal]

To Top