Layanan Publik

Uji Kelayakan, Pemkab Abdya Kumpulkan Kendaraan Dinas

Pemerintah Aceh Barat Daya mengumpulkan semua kenderaan dinas untuk di verifikasi ulang peruntukkan dan kelayakannya, Jumat 29 September 2017

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Guna menguji kelayakan penggunaan kendaraan dinas (plat merah) yang berada di sejumlah satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK) Aceh Barat Daya (Abdya), termasuk mobil dinas Bupati, Wakil Bupati dan instansi vertikal lainnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat mengumpulkan kendaraan tersebut di Lapangan Persada, Desa Keude Siblah, Blangpidie, Jum’at (29/9/2017) sore sekitar pukul 17.00 wib.

Kendaraan dinas tersebut akan di verifikasi penggunaan, kelayakan serta peruntukannya. Sehingga akan jelas kepada siapa yang diberikan.

“Hari ini (Jum’at), sejumlah mobil dinas kita kumpulkan di Lapangan Persada selama dua hari. Setelah di verifikasi, baru diambil kembali pada hari Minggu sesuai dengan nama yang telah ditentukan dalam surat undangan,” kata Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT disela memantau jalannya proses pengumpulan mobil dinas tersebut.

Sejumlah mobil dinas yang tidak layak pakai dan termakan usia, akan dilelang. Hasil lelang itu nanti, akan digunakan untuk pembelian mobil dinas yang baru agar semua instansi dapat menggunakan kendaraan yang layak.

“Untuk menghemat anggaran, hasil pelelangan mobil itu nanti akan dipergunakan untuk membeli kendaraan baru. Jika belum cukup, baru ditambah menggunakan anggaran daerah,” ungkap Muslizar kepada acehterkini.

Kedepan, lanjut Wabup Muslizar. Pihaknya mengalokasikan biaya perawatan kendaraan dinas pada bidang asset saja, bukan pada instansi tertentu. Upaya itu dilakukan, agar proses pengawasan perawatan kendaraan lebih jelas dan transparan.

“Nanti bidang asset yang mengontrol biaya perawatan kendaraan dinas yang ada di Abdya, bukan lagi pada instansi masing-masing,” ujarnya.

Masing-masing bidang pada sejumlah SKPK akan ditinjau ulang apakah layak untuk mendapatkan mobil atau tidak. “Artinya, bisa saja ada bidang di SKPK tidak akan mendapat mobil lagi. Hal ini sesuai dengan verifikasi yang kita lakukan nanti,” ujar Muslizar.

Terakhir Muslizar mengatakan, selain mengumpulkan mobil dinas, pihaknya juga akan mengumpulkan sejumlah sepeda motor dinas yang ada di Abdya.

“Khusus untuk sepeda motor yang ada di kantor camat, keuchik dan mukim akan berkumpul di masing-masing kecamatan. Nanti tim akan membuat jadwal verifikasi kecamatan mana yang pertama sekali akan diperiksa kelayakan,” sebutnya singkat. (Rizal)

To Top