Ekonomi

Tolak Benih Subsidi, Bupati Abdya Sayangkan Pemerintah Masa Lalu

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim menyerahkan secara simbolis bibit varietas Ciherang kepada perwakilan Petani di Pendopo Bupati setempat, Selasa (12/9/2017).

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim cukup menyayangkan sikap pemerintah masa lalu yang dengan serta merta menolak bantuan bibit gratis dan benih subsidi dari pemerintah pusat untuk para petani selama tiga tahun berturut-turut.

Padahal, kata Akmal, petani di Kabupaten Abdya sangat membutuhkan benih. Dimana, dalam beberapa tahun lalu, petani di Abdya harus menyediakan bibit sendiri bahkan menggunakan dana desa untuk ketersediaan bibit.

“Saya termasuk heran, mengapa Abdya menolak bantuan benih gratis dan benih subsidi selama tiga tahun, padahal petani membutuhkan benih itu,” kata Bupati Akmal dalam acara Musyawarah Turun ke Sawah yang berlangsung di Pendopo Bupati setempat, Selasa (12/9/2017).

“Saat saya ditanya kenapa bisa begitu, saya langsung bertanya kembali kepada Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Abdya, katanya itu bukan waktu saya,” sambung Bupati Akmal.

Meskipun begitu, lanjut Akmal, pihaknya tidak mempersoalkan yang sudah berlalu tersebut. Untuk menatap ke masa depan, Bupati Akmal berkomitmen tidak akan menolak apapun bantuan dari pusat dan provinsi.

“Ngak dikasih pun kami akan merepet-repet,” kata Akmal disambut tawa dari para tamu undangan yang berhadir dalam musyawarah tersebut.

Selain para tokoh adat tani (Keujrun), acara tersebut juga turut dihadiri Wakil Bupati Muslizar MT, Staf Ahli Menteri Pertanian RI Ir. Mufti Sarjono, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Hasanuddin Darjo, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Puji Hartono SIP, Kapolres Abdya AKBP Andy Herawan SIK, para anggota DPRK, mewakili Kajari Abdya, Sekda Abdya Drs Thamren, para Kepala SKPK, para camat dan para Kepala Desa. [Rizal]

Comments
To Top