Sosial

Termakan Usia, Jalan Kampung KB di Abdya Rusak Parah

Jalan Desa Keudee Baro, Kecamatan Kuala Batee, Abdya rusak parah akibat termakan usia, Selasa (19/9/2017).

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Jalan Desa Keudee Baro, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) rusak parah termakan usia. Saat ini, desa tersebut sudah diresmikan menjadi kawasan Kampung Keluarga Berencana (KB) Madani Kencana pada Senin (18/9/2017) kemarin oleh Wakil Bupati Abdya.

Namun, parahnya kondisi jalan desa tersebut sangat mengganggu kelancaran transportasi dan cukup dikeluhkan oleh warga setempat. Jalan di desa ini merupakan akses penghubung antar desa di Kecamatan Kuala Batee, termasuk untuk akses menuju lahan pertanian hingga ke pusat kecamatan bahkan ke Kota Blangpidie.

Dibeberapa titik, aspal yang sudah pernah ada di jalan itu sudah mulai berlubang bahkan banyak batu-batu yang menonjol kepermukaan, sehingga menyulitkan sejumlah pengguna jalan apalagi ketika menggunakan kendaraan roda dua.

“Debu-debu dari jalan itu berterbangan ke pemukiman warga pada saat dilintasi truk atau sejenisnya. Kalau hujan, terlihat layaknya kolam diatas badan jalan,” kata Mahmud salah satu warga yang sedang melintas di lokasi tersebut.

Jamal salah satu sopir truk pasir yang melintas di jalan itu juga mengemukakan hal yang sama. Rusaknya jalan itu cukup membahayakan para pengguna jalan, warga setempat kerap melakukan gotong royong menimbun jalan rusak menggunakan pasir.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Abdya, Afrida Surya ST, yang dihubungi acehterkini, Selasa (19/9/2017) mengatakan, pihaknya akan segera melakukan pengecekan untuk melihat kondisi seberapa parah rusaknya jalan itu.

Afrida mengaku telah mengusulkan sejumlah jalan pada tahun 2017, namun ada sejumlah jalan yang tidak lulus dalam usulan Badan Pembangunan Nasional (Bapenas).

“Saya rasa jalan desa itu tidak masuk dalam usulan Bapenas, namun pada tahun depan akan kita usulkan kembali,” sebutnya singkat. (Rizal)

To Top