Pendidikan

SMKN 4 Abdya Juara LKS Tingkat Provinsi

Yuyun Eva Sartika, siswi asal SMKN 4 Abdya memperoleh juara satu dalam ajang LKS ke 26 tingkat Provinsi Aceh. Sabtu (16/9/2017).

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Aceh Barat Daya (Abdya) mengukir prestasi di tingkat Provinsi Aceh dalam ajang Lomba Keterampilan Siswa (LKS) bidang lomba Post Harvest Technology (pengolahan hasil pertanian) yang berlangsung di SMKN Lhoeng Raya, Banda Aceh sejak tanggal 12-16 September 2017.

Yuyun Eva Sartika, siswi kelas II (dua) SMKN 4 Abdya, Desa Cot Bak U, Kecamatan Lembah Sabil itu meraih juara satu dengan memperoleh nilai 82,33. Siswi asal Desa Pusu Ingin Jaya, Kecamatan Manggeng itu mampu bersaing ketat dengan sejumlah siswa SMKN Kabupaten/Kota lainnya dalam provinsi Aceh.

“Upaya yang kita lakukan tidaklah sia-sia, sejak dari awal kita melatih siswa tersebut dengan bakatnya masing-masing, sehingga hari ini telah dibuktikan hasilnya,” kata Kepala SMKN 4 Abdya, Said Idris ST kepada acehterkini, Aleuhat (17/9/2017).

Kata Idris, kegiatan LKS yang dilaksanakan oleh provinsi bukanlah kali pertama dan LKS saat ini merupakan yang ke 26. Setiap tahun dilaksanakan LKS, SMKN 4 Abdya bisa mengukir prestasi untuk mengharumkan nama Kabupaten Aceh Barat Daya.

Dalam LKS ini, bukan hanya SMKN 4 Abdya saja yang ikut ke ajang tingkat provinsi tersebut. Akan tetapi sejumlah SMK lainnya di Abdya juga ikut serta mengikuti lomba. “Alhamdulillah, SMKN 4 Abdya mampu memberikan yang terbaik di tingkat provinsi,” ungkapnya.

Idris menyebutkan, pada tahun 2015 siswa SMKN 4 Abdya juga pernah mendapatkan juara harapan 2 (dua) tingkat Nasional dan juara 2 (dua) tingkat provinsi pada tahun 2016. Kemudian pada tahun 2017, SMKN 4 Abdya kembali menadapatkan prestasi dengan juara pertama ditingkat provinsi Aceh.

Wacananya, setelah menjuarai di tingkat provinsi, siswa tersebut akan dikirim ke ajang tingkat Nasional untuk mengikuti lomba yang sama. “Kemungkinan sebelumnya akan diberikan pembekalan selama satu bulan di sana, kemudian baru mengikuti ajang LKS tingkat Nasional. Kalau mengenai jadwalnya menunggu informasi selanjutnya dari provinsi,” tutur Idris.

Terakhir, Idris memastikan akan terus mengirim peserta ke provinsi dalam event tahunan tersebut. Jauh-jauh hari, pihaknya bersama dengan tim THP yang diketuai Herman Amd telah melatih banyak peserta untuk mengikuti ajang lomba tersebut.

“Semoga saja dalam LKS selanjutnya nanti, SMKN 4 Abdya kembali akan memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Abdya,” demikian singkatnya. (Rizal).

To Top