Sosial

Penertiban Lembu di Jalan Butuh Regulasi yang Kuat

Wiratmadinata

Foto | Arif

ACEHTERKINI.COM | Penertiban lembu di jalan lintas Calang – Banda Aceh sangat membutuhkan regulasi dan komitmen dari Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya. Menurut Wiratmadinata masalah lembu berkeliaran di jalan karena lemahnya regulasi pemerintah.

“Butuh regulasi yang kuat dan komitmen dari pemerintah dan instansi terkait, selama ini regulasi yang ada belum memberikan solusi sehingga penertiban hewan ternak tidak berjalan,” kata Dekan Fakultas Hukum Universitas Abulyatama ini saat dijumpai acehterkini, di Calang, Kamis (14/9/2017).

Ia mengatakan regulasi yang ada belum memberikan solusi bagi semua pihak. “Jika ada kecelakaan, tidak ada yang mengakui lembu itu milik siapa, karena pemiliknya takut terjerat hukum. Nah ini perlu ada regulasi dan komitmen yang kuat dari pemerintah,” kata Wiratmadinata di Aula Kesehatan Aceh Jaya saat menghadiri FGD Penanganan Konflik.

Menurutnya pemerintah harus memberikan efek jera dengan cara menangkap hewan tersebut dan membawa ke tempat penampungan khusus hewan. Kemudian pemerintah perlu memelihara hewan tersebut dengan batas waktu tertentu.

“Artinya pemerintah menyiapkan anggaran untuk menyediakan tempat penampungan khusus hewan ternak, kemudian memeliharanya dan menyediakan petugas, ini butuh regulasi,” jelas Wiratmadinata.

Dalam regulasi itu juga harus dijelaskan berapa lama hewan tangkapan itu berada di tempat penampungan.

“Hewan ternak itukan punya masyarakat, dalam batas waktu tertentu, misalnya dalam tiga bulan pemiliknya tidak mengambil hewan tersebut, maka jadi milik negara. Ini juga bisa dimanfaatkan pemerintah untuk membantu masyarakat, misalnya memberikan bantuan untuk anak yatim, dhuafa,” kata Wiratmadinata lebih lanjut.

Kata dia lagi, pemerintah sebaiknya bekerjasama dengan DPRK untuk menyusun regulasi dan membuat anggarannya.

“Saya lihat inisiatif ini tidak ada, usulan ini juga bukan hanya berlaku di Aceh Jaya saja tapi untuk seluruh Aceh umumnya,” demikian Wiratmadinata. [Arif]

To Top