Sosial

Pemerintah akan teliti temuan Keranda Batu di Aceh Jaya

Penelitian Awal Temuan Sarkofagus di Aceh Jaya oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Kamis 28 September 2017

Foto | Arif

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Aceh melalui Dinas Pariwisata Aceh akan meneliti dugaan adanya Sarkofagus atau keranda batu atau peti mayat yang terbuat dari batu di kawasan wisata Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya.

“Kita akan lakukan observasi terkait dugaan adanya Sarkofagus pada Oktober 2017 mendatang,” kata Tutur Yudi Andika selaku Kepala Seksi Pelestarian Cagar Budaya pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, Kamis (28/9/2017).

“Pemerintah Aceh akan menyurati Balai Peneliti di Sumatera Utara, untuk membuktikan apakah ini benar Sarkofagus ataupun bukan Sarkofagus,” kata Yudi saat melakukan kajian tentang Sarkofagus di Aula Hotel Pantai Barat, Kamis (28/9/2017).

Kata Yudi, hasil dari observasi awal diduga batu tersebut merupakan Sarkofagus. “Awalnya temuan batu ini dari informasi yang diterima dari para pekerja di tempat kegiatan pembangunan sarana dan prasarana objek wisata Lhok Geulumpang, batu tersebut memang sedikit aneh dan tidak lazim bagi sebuah batu,” kata dia.

Kajan terkait Sarkofagus di Hotel Pantai Barat itu dihadiri pemerhati sejarah di Aceh Jaya, tokoh masyarakat, Majelis Adat Aceh, Muspika Setia Bakti dan masyarakat. [Arif]

To Top