Ekonomi

Musim Kemarau, 1350 Hektar Sawah Gagal Panen

Kegiatan Panen Raya di Gampong Lam Hasan, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Selasa 12 September 2017

Foto | Arif

ACEHTERKINI.COM | Akibat kemarau panjang yang melanda Kabupaten Aceh Jaya beberapa bulan yang lalu mengakibatkan hasil produksi padi tidak mencapai target sebagaimana yang diharapkan. Kepala Dinas Pertanian Aceh Jaya, Ir. T. Mufizar mengatakan, ada 650 hektar sawah yang berhasil ditanam dan dipanen.

Kepada acehterkini, Selasa (12/9/2017), Mufizar menyampaikan dari target seluas 2000 hektar sawah yang ditanami diseluruh Aceh Jaya, hanya sekitar 650 hektar yang berhasil dipanen, atau sebanyak 1350 hektar gagal panen.

“Faktor yang menjadi penyebab gagal panen tersebut adalah akibat kemarau panjang yang melanda Kabupaten Aceh Jaya beberapa bulan yang lalu,” kata Mufizar saat menghadiri acara syukuran panen raya di Gampong Lam Hasan, Kecamatan Jaya, Selasa.

Dikatakannya tahap awal 2000 hektar sawah dapat ditanami dimusim Gadu ini, namun karena terjadi kemarau panjang sehingga hanya 650 hektar saja yang dapat ditanami.

Sementara itu Wakil Bupati Aceh Jaya Tgk. Yusri S menyampaikan pada musim gadu tahun ini di Aceh Jaya banyak mengalami kendala. “Selain musim kemarau, serangan hama, juga petani masih sulit memperoleh air,” kata Tgk. Yusri.

“Saya mengajak masyarakat kelompok tani agar meningkatkan perluasan lahan tidur menjadi lahan produktif, pemerintah terus berupaya membantu petani untuk memperoleh penghasilan yang besar,” ujar Wakil Bupati Aceh Jaya.

Panen raya di Gampong Lam Hasan dan Gampong Sangoe, Kecamatan Jaya masing-masing sebanyak 50 hektar. Hasil panen petani di dua desa tersebut mencapau 100 hektar.

Acara panen raya itu dihadiri Tim Sergap dari Mabesad, Dandim 0114/Aceh Jaya, Wakil Bupati Aceh Jaya, Mayor inf Suparman Pabandya Bakti Staf Teritorial Kodam IM, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh, Polres Aceh Jaya, Ka Bulog Provinsi Aceh, Kadis Pertanian Aceh Jaya, KadiS PU Aceh Jaya, Para Danramil dan Danpos Ramil Kodim 0114/Aceh Jaya, Muspika Kecamatan Jaya, Camat Kecamatan Indra Jaya, Kepala BPP dalam Kab. Aceh Jaya, Kelompok Tani dalam Kecamatan Jaya, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat. [Arif]

Comments
To Top