Sosial

Mensos Tambah Penerima Program Keluarga Harapan di Aceh

Rapat Koordinasi Daerah Program Keluarga Harapan tahun 2017 di Banda Aceh, Jumat 29 September 2017

Foto | Humas Pemerintah Aceh

ACEHTERKINI.COM | Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa akan menambah penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Provinsi Aceh tahun 2018 mendatang. Hal tersebut disampaikan Menteri Sosial RI saat menghadiri Rapat Koordinasi Daerah Program Keluarga Harapan tahun 2017, di Hermes Palace Hotel, Jum’at (29/9/2017).

Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) perluasan tahun 2018 sebanyak 227.196 peserta. Total keseluruhan penerima KPH di Aceh mencapai 381.649 KPM.

Sebelumnya Kementerian Sosial RI menyalurkan bantuan PKH tahun 2017 kepada 153.634 penerima PKH dengan pagu anggaran sebesar Rp290 miliar lebih.

Selain itu Pemerintah Pusat juga akan menambah pendamping baru di tahun 2018 untuk program PKH di Aceh sebanyak 732 orang dari sebelumnya hanya 636 orang. Sehingga tahun 2018 jumlah pendamping untuk PKH mencapai 1.368 orang.

Kata Mensos Khofifah, rekruitmen pendamping PKH ini akan dilakukan pada akhir Oktober 2017 mendatang. Bantuan Program Keluarga Harapan ini diharapkan dapat mengurangi angka kemiskinan di Indonesia khususnya di Provinsi Aceh.

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh, Drs. Syaiba Ibrahim mengatakan, Program Keluarga Harapan (PKH) semakin memperkuat upaya dalam mengatasi berbagai tantangan di bidang kesejahteraan sosial.

“Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program prioritas nasional yang ditujukan untuk membantu keluarga sangat miskin dengan kualifikasi tertentu, seperti ibu hamil atau menyusui, serta bantuan pendidikan untuk keluarga miskin,” kata Syaiba Ibrahim.

Di Aceh, progam ini sudah berjalan sejak tahun 2008. Setelah beberapa tahun pelaksanaan di seluruh kabupaten kota, Program Keluarga Harapan telah membantu puluhan ribu keluarga sangat miskin yang tersebar di berbagai wilayah Aceh.

“Harapan kita, semoga tahun ini, dan tahun-tahun mendatang, PKH bisa berjalan lebih maksimal lagi agar lebih banyak keluarga miskin yang terbantu,” kata Syaiba. [Edi]

Comments
To Top