Ekonomi

Jelang Rendengan, Bupati Abdya Minta Alsintan Disiapkan

Litbang Pertanian.Go.Id

ACEHTERKINI.COM | Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim meminta Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) setempat mempersiapkan alat mesin pertanian (alsintan) untuk menghadapi tanam serentak musim tanam (MT) rendengan tahun 2017 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Akmal Ibrahim pada saat melakukan kunjungan dadakan ke Balai Benih Utama, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Abdya, Selasa (5/9/2017).

Bupati Akmal menginstruksikan Distanpan termasuk pihak BBU untuk mendata kembali jumlah Alsintan yang masih layak digunakan.

Kata Akmal, tanpa didukung Alsintan yang memadai, proses penggarapan lahan hingga memasuki masa panen tidak akan optimal. Dengan demikian, perawatan sebelum dan sesudah pemakaian Alsintan juga harus tetap terjaga.

Sekretaris Distanpan Abdya, Ir. Thamrin usai mendampingi bupati melihat kondisi BBU di Tangan-Tangan. Kepada wartawan, ia mengatakan, kalau pihaknya akan segera melaksanakan apa yang menjadi titik fokus dari kunjungan bupati tersebut.

Seperti pendataan Alsintan yang layak dan tidak layak, persiapan alsintan menjelang musim tanam rendengan mendatang hingga pembentukan kembali kelompok usaha pelayanan jasa alsintan (Upja) yang nantinya akan melibatkan keujrun blang (pemangku adat sawah) dalam kepengurusannya.

“Kondisi terkini, kita memiliki 16 unit traktor besar (4 WD) dan 363 traktor tangan yang masih layak pakai dan nantinya akan mendukung proses penggarapan areal persawahan di sembilan kecamatan dalam Kabupaten Abdya,” ungkapnya.

Selanjutnya, Distanpan saat ini mulai mempersiapkan jadwal musyawarah turun ke sawah yang akan dilaksanakan pekan depan. Musyawarah itu nantinya akan melibatkan bupati, instansi terkait, pemangku adat sawah hingga para petani se-Abdya.

Penetapan jadwal tanam serentak itu merupakan hasil kesepakatan para petani di sembilan kecamatan dalam kabupaten setempat. Dimana proses penggarapan lahan mulai dilakukan pascapelaksanaan musyawarah.

“Seiring musim panen hampir tuntas, sehingga perlu ditetapkan segera jadwal turun ke sawah untuk musim selanjutnya,” ujar Thamrin singkat. (Rizal)

Comments
To Top