Ekonomi

Inilah Program Penting Dalam APBA Perubahan 2017

ACEHTERKINI.COM | Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf menyerahkan dokumen Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Perencanaan Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Perubahan tahun anggaran 2017 kepada Ketua DPR Aceh, Tgk. Muharuddin di Ruang Banggar DPRA, Kamis (14/9/2017).

Penyerahan KUA PPAS Perubahan tersebut dilakukan dalam Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRA bersama gubernur dan Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA). Hadir Sekda Aceh, Wakil Ketua DPRA, Sulaiman Abda dan sejumlah kepala SKPA.

Irwandi Yusuf menjelaskan terdapat kegiatan bantuan hibah dan bantuan sosial yang tidak dapat dilaksanakan pada APBA 2017 murni karena belum memenuhi ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri, sehingga perlu dilakukan perubahan.

“Harapan KUA PPAS perubahan ini dapat diselesaikan lebih cepat mengingat waktu efektif hanya tinggal kurang lebih 3 bulan pelaksanaan dalam tahun berjalan,” ujar Irwandi.

Alasan lainnya, kata Irwandi, karena masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan segera yaitu kesepakatan KUA PPAS Tahun 2018 dan pengesahan Qanun RPJMA tahun 2017-2022.

Program penting yang difokuskan pada perubahan APBA Perubahan tersebut adalah penguatan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), penambahan beasiswa yatim, pemberian intensif untuk guru honorer dan guru bakti.

Kemudian penyediaan komputer untuk SMK/SMK sebagai upaya meningkatkan kompetensi siswa dalam menghadapi ujian nasional berbasis komputer, peningkatan kompetensi tenaga penyuluh melalui pelatihan dan pendidikan tenaga penyuluh.

Kegiatan survey rumah duafa, serta pelatihan keahlian untuk peningkatan kompetensi tenaga kerja juga masuk dalam program yang akan dilaksanakan pada APBA Perubahan 2017. [Ril]

To Top