Sosial

Cetak Sawah Baru di Abdya Ditargetkan Selesai Oktober

Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Puji Hartono SIP, didampingi Pasie Ter Kapten Arh Dwi, Danpos Ramil Lembah Sabil Peltu Bachtiar, serta penyuluh pertanian setempat, mengawasi pengerjaan cetak sawah baru, di Desa Ujung Tanah. Minggu (10/9)

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Cetak sawah baru di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) masih dalam tahap pekerjaan. Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Puji Hartono SIP menargetkan cetak sawah baru seluas 109 hektar itu sudah rampung dikerjakan pada akhir Oktober mendatang.

Saat mengawasi proses pembentukan cetak sawah baru di Desa Ujung Tanah, Kecamatan Lembah Sabil, Minggu (10/9/2017) lalu. Dandim Puji mengatakan, proses pekerjaan harus diburu. Harapannya, pada pertengahan Oktober mendatang sudah bisa dilakukan penanaman.

Lokasi sawah baru di Desa Ujung Tanah merupakan sebagian kecil dari lokasi lainnya yang ada di Abdya. Pemerintah pusat sudah menentukan jadwal pekerjaanya, untuk itu harus dipercepat.

Dengan jatah 109 hektar, akan menjadi modal utama untuk penambahan lahan sawah di Abdya. “Kita berharap, jumlah tersebut bukanlah yang terakhir untuk Abdya. Namun akan bertambah lagi seperti daerah kabupaten kota lainnya di Aceh,” ungkap Dandim Puji.

Dikatakannya, sektor pendukung lain terhadap pelaksanaan cetak sawah baru, di tiap titik lokasi, akan didukung dengan pemasangan pompa air dan pintu air dari saluran irigasi intake. “Untuk lokasi yang kesulitan mendapatkan air, akan didukung dengan pemasangan pompa air, ditambah pintu air,” sebutnya.

Pada Kamis (7/9/2017) lalu, percetakan sawah baru di Desa Ujung Tanah, Kecamatan Lembah Sabil, dengan luas 6,7 hektar lansung dibuka secara simbolis oleh Danrem 012/TU Kolonel Inf Nefra Firdaus yang turut dihadiri Bupati Akmal Ibrahim SH, bersama Dandim 0110/ Abdya Letkol Inf Puji Hartono SIP, Kapolres AKBP Andy Hermawan SIK MSc, serta tokoh agama setempat Tgk H Farmadi ZA M.Sc (Pimpinan Puskiyai Aceh).

Selain di Kecamatan Lembah Sabil, titik lokasi cetak sawah baru, juga berada di Desa Jeumpa Barat, Kecamatan Jeumpa seluas 56 ha. Kemudian, Desa Padang Baru, Kecamatan Susoh seluas 11,1 ha. Desa Keude Paya dan Lamkuta, Kecamatan Blangpidie seluas 13,6 ha. Desa Cinta Makmur, Kecamatan Setia seluas 5,6 ha dan Desa DrienKipah, Kecamatan Tangan-Tangan seluas 11,7 ha.(Rizal)

To Top